Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Pertamina soal Video Viral Operator SPBU Dahulukan Isi Kendaraan Tak Antre di Bone-Bone

Kompas.com - 30/10/2022, 06:35 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pihak Pertamina buka suara soal video viral operator SPBU mendahulukan mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan yang tidak antre.

Dalam penjelasannya, Pjs Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Sulawesi Taufiq Kurniawan membenarkan adanya kejadian itu.

Kejadian itu terjadi di SPBU Bone-Bone Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Kamis (27/10/2022) lalu, sekitar pukul 11.00 WITA.

Pihak Pertamina pun langsung menegur operator tersebut karena hal itu tidak dibenarkan.

Diketahui, alasan operator SPBU mendahulukan konsumen yang tidak antre lantaran yang bersangkutan temannya sendiri.

"Terkait perilaku tersebut Pertamina tidak membenarkan dan langsung menegur operator yang bersangkutan dan SPBU-nya. Informasinya karena temannya, langsung kita tegur karena menyangkut kenyamanan konsumen lain dan citra perusahaan," ujar dia, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (29/10/2022).

Baca juga: Viral, Waroeng Spesial Sambal Disebut Potong Gaji Rp 300.000 Pegawai yang Dapat BSU, Ini Penjelasannya

Lebih lanjut, Taufiq mengatakan, tidak ada aturan tertulis yang mengatur tentang antrean di SPBU, tetapi operator tersebut telah melanggar norma umum.

Ia menekankan, jika mengulangi perbuatan serupa di kemudian hari, pihaknya akan memberikan sanksi lebih berat. Saat ini, sanksi hanya berupa teguran.

"Bisa saja dicabut alokasi produk yang dia salurkan pada saat di video tersebut, misalnya," ucapnya.

Baca juga: Viral, Video Operator SPBU Dahulukan Isi Kendaraan Tak Antre, Ini Kata Pertamina

Video operator SPBU dahulukan kendaraan tak antre, viral

Sebelumnya, unggahan video bernarasi operator SPBU mendahulukan mengisi bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan yang tidak antre tersebut viral di media sosial.

Video itu salah satunya diunggah oleh akun Facebook ini pada Kamis (27/10/2022).

"Warga Mengeluhkan SPBU Bone-Bone Diduga Lebih Dahulukan Pengisian Motor Pelangsir Dan Jerigen," demikian narasi yang dituliskan.

Terlihat dalam video, warga kesal karena operator SPBU mendahulukan mengisi kendaraan yang tidak antre. Padahal, antrean terpantau panjang.

Operator SPBU malah mengisi motor yang masuk dari arah depan kendaraan yang sedang antre yang diduga kenalan dari petugas SPBU.

"Mas, ini bagaimana mas, kenapa yang antre di belakang dikasih anu, sedangkan ini langsung dari depan. Ini ceritanya bagaimana mas?," kata perekam video.

"Saya rekam ini mas, saya viralkan ke Pertamina, kurang ajar ini, kita setengah mati antre di belakang baru kita dikasih begini, kurang ajar," lanjut perekam.

Operator SPBU tersebut tidak berbicara kepada perekam yang sudah kesal.

Baca juga: Viral, Video Pria Mengamuk di SPBU karena Tak Diizinkan Beli BBM Pakai Jeriken

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com