Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ricuh Suporter Solo di Yogyakarta, Kronologi, Permintaan Maaf Gibran hingga Tanggapan Sultan HB X

Kompas.com - 26/07/2022, 18:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kericuhan yang diduga melibatkan suporter asal Solo, Jawa Tengah masih menjadi perbincangan di media sosial pada Selasa (26/7/2022).

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (26/7/2022), saat itu rombongan suporter dari Persis Solo hendak ke Magelang untuk mendukung timnya bermain.

Namun, dalam perjalanan diduga suporter Persis Solo yang melakukan provokasi saat melintas di kawasan Gejayan, Yogyakarta. Provokasi itu pun disebut menyulut emosi warga setempat dan terjadi kericuhan.

Baca juga: Kronologi Kericuhan Rombongan Diduga Suporter di Yogyakarta

Kronologi kejadian

Satu unit sepeda motor yang diduga milik suporter yang ditinggal di Jalan Gejayan, Kabupaten Sleman.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Satu unit sepeda motor yang diduga milik suporter yang ditinggal di Jalan Gejayan, Kabupaten Sleman.

Salah satu warga yang merupakan saksi mata insiden tersebut, Yono mengatakan bahwa ada satu motor yang ditinggal oleh pemiliknya atau salah satu suporter Persis Solo. Motor tersebut memiliki plat nomor "AD".

Tidak hanya terjadi di Gejayan, keributan juga terjadi di kawasan tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta.

"Diduga dari kelompok suporter Persis Solo. Akan ke Magelang pada saat melewati Tugu ada beberapa orang mungkin merangsek masuk ke salah satu warung kopi. Lalu melakukan provokasi," ujar Kasi Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja, dikutip dari Kompas.com, 25 Juli 2022.

Dalam kejadian itu, tak ada korban jiwa dan tak ada kontak fisik antara suporter dan warga. Namun, kerugian material dialami oleh pemilik warung kopi karena ada beberapa yang pecah.

Timbul menyampaikan, oknum suporter ini datang dari arah timur sesampainya di simpang empat tugu Pal Putih Kota Yogyakarta rombongan turun dan cari perhatian.

Menurut keterangan polisi, dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa dan tidak ada kontak fisik antar oknum dengan warga Yogyakarta.

Kini, dua lokasi tersebut sudah kondusif dan arus lalu lintas lancar kembali.

Baca juga: Gibran Minta Maaf Buntut Keributan Suporter dari Solo di Yogyakarta Jelang Laga Persis Vs Dewa United

Permintaan maaf Gibran

Dilansir dari KompasTV, Selasa (26/7/2022), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan bahwa dia telah mengetahui nama-nama suporter Persis Solo yang terlibat gesekan di Sleman, Yogyakarta.

Ia pun menegaskan agar suporter yang terlibat diblacklist dan tidak akan mendapat tiket masuk untuk menonton laga Persis Solo nantinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com