Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Daging Mulai dari Diterima, Disimpan hingga Akan Diolah

Kompas.com - 11/07/2022, 06:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketika momen Idul Adha seperti sekarang ini, Anda mungkin akan mendapatkan banyak kiriman daging dari masjid, maupun dari orang-orang yang melakukan kurban.

Daging adalah bahan pangan dengan gizi tinggi, mengandung zat-zat makanan lengkap dengan komposisi serat dengan kadar air tinggi.

Meski demikian daging memiliki sifat mudah tercemar dan mudah rusak, selain itu daging juga rentan untuk menjadi media pertumbuhan dan berkembangnya kuman.

Baca juga: Berapa Lama Daging Bisa Disimpan di Freezer?

Agar tidak mudah rusak, maka penanganan daging sebaiknya dilakukan dengan benar. Lantas bagaimana cara penananganan daging yang benar?

Cara penanganan daging kurban

Bagi Anda yang mendapatkan daging kurban mungkin ingin mengetahui bagaimana cara melakukan penanganan daging dengan benar.

Dikutip dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Bali, berikut ini cara untuk menangani daging dengan benar saat menerima daging agar tetap dalam kondisi terbaiknya:

  1. Pisahkan daging dengan jeroan
  2. Tidak mencampur satu jenis daging dengan jenis daging lain
  3. Tidak menempatkan daging di satu tempat dengan bahan lain, misalnya sayuran, bumbu, atau benda lain tanpa pembatas agar tak terjadi kontaminasi silang
  4. Menggunakan alat khusus daging yang tidak dipakai untuk bahan lain
  5. Menempatkan daging pada tempat tertutup dan menghindarkan daging dari debu dan lalat atau serangga yang bisa timbulkan pencemaran pada daging
  6. Daging yang tidak dimasak harus disimpan dalam suhu dingin (4 derajat celcius) atau dalam suhu beku (kurang dari minus 18 derajat celcius).
  7. Hindari menyimpan daging pada suhu antara 5 derajat sampai 60 derajat celcius karena suhu tersebut rentan pertumbuhan kuman.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Kurban, Dicuci Dulu atau Tidak?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com