Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Daging Kurban, Dicuci Dulu atau Tidak?

Kompas.com - 10/07/2022, 09:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022. Pada perayaan ini, muslim di seluruh dunia akan menyembelih hewan kurban, seperti kambing atau sapi.

Setelah disembelih, daging tersebut akan dibagikan kepada masyarakat sekitar yang termasuk ke dalam kelompok penerima daging hewan kurban.

Setidaknya, ada 3 golongan yang berhak menerima daging korban. Mereka adalah orang yang berkurban, masyarakat di lingkungan sekitar, dan fakir miskin.

Masyarakat bisa segera mengolah daging hewan kurban sesegera mungkin setelah mendapatkannya. Namun, apabila ingin dimasak di kemudian hari, masyarakat juga bisa menyimpannya ke dalam kulkas.

Baca juga: Siapa Saja yang Berhak Menerima Daging Kurban?

Apakah menyimpan daging kurban di kulkas harus dicuci dahulu? 

Daging tidak perlu dicuci

Dilansir dari laman ugm.ac,id, pakar produksi ternak dari Fakultas Peternakan UGM, Panjono, Ph.D mengatakan masyarakat bisa menyimpan daging hewan kurban ke dalam kulkas atau freezer jika tidak ingin langsung memasaknya.

Saat proses penyimpanan, daging tersebut bisa langsung disimpan tanpa dicuci terlebih dahulu.

Hal tersebut dikarenakan proses pencucian akan memberi peluang bagi penyakit-penyakit yang berasal dari air mentah masuk ke dalam daging.

Dikutip dari Kompas.com, Chef Hotel Santika Cirebon, Aguk Prasetiyo juga menjelaskan hal sama, yaitu sebaiknya daging tidak perlu dicuci terlalu lama.

Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan air masuk ke dalam daging yang akan menekan sari dari daging, sehingga bisa memengaruhi rasanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com