Kompas.com - 07/07/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah telah menetapkan hari raya Idul Adha 1443 H atau 10 Zulhijah pada Minggu (10/7/2022).

Penetapan tersebut diambil dalam Sidang Isbat yang telah digelar pada Rabu (29/6/2022) lalu. Dalam sidang itu, disebutkan bahwa hilal di 86 titik pantauan belum memenuhi kriteria.

Oleh karena itu, pemerintah memutuskan menetapkan 10 Zulhijah jatuh pada 10 Juli 2022.

Keputusan tersebut berbeda dengan Muhammadiyah yang telah menetapkan hari raya Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022) sesuai hasil hisab hakili wujudul hilal.

Sebelum Idul Adha terdapat puasa sunnah Arafah 9 Zulhijah. 

Lantas, kapan pelaksanaan puasa Arafah menjelang hari raya Idul Adha? Tanggal 8 atau 9 Juli 2022?

Baca juga: Keutamaan Puasa Dua Hari Sebelum Idul Adha, Tarwiyah dan Arafah

Penjelasan MUI

Wakil Sekjen MUI Bidang Dakwah, M Ziyad mengatakan bahwa perbedaan penetapan hari raya Idul Adha 1443 H di tanah air seharusnya tidak menjadi masalah bagi muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa Arafah.

Sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW, puasa Arafah adalah sunnah muakaddah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijjah.

Adapun waktu pelaksanaan ibadah puasa arafah di tengah perbedaan Idul Adha 1443 H dilakukan sesuai keyakinan masing-masing individu.

"Jika ada perbedaan, kembali pada keyakinan masing-masing," tuturnya saat dihubungi Kompas.com (7/7/2022).

Artinya, apabila muslim di Indonesia meyakini bahwa Idul Adha 1443 H (10 Zulhijjah) jatuh pada 9 Juli 2022, maka bisa melakukan ibadah puasa arafah (9 Zulhijjah) pada Jumat, 8 Juli 2022.

Sementara bagi muslim yang menyakini bahwa Adha 1443 H (10 Zulhijjah) jatuh pada 10 Juli 2022 dapat menunaikan ibadah puasa arafah (9 Zulhijjah) pada Sabtu, 9 Juli 2022.

"Dua-duanya di dalam agama diperbolehkan karena keduanya adalah produk hasil ijtihad," terang Zihad.

Baca juga: MUI: Puasa Arafah 9 Juli Indonesia Tetap Sah, meski di Mekkah Sudah Idul Adha

Hari Arafah, Arab Saudi

Adapun bagi muslim di Indonesia yang akan melaksanakan puasa arafah sesuai dengan pelaksanaan wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi juga diperbolehkan.

"Bagi yang meyakini pelaksanaan puasa arafah pada 9 zulhijjahnya itu bersamaan dengan saudara-saudaranya yang sedang di Mekah menunaikan wukuf di arafah ya monggo, enggak ada masalah," jelasnya.

Di Arab Saudi, pelaksanaan ibadah wukuf di Padang Arafah akan dilaksanakan pada Jumat, 8 Juli 2022. Artinya hari raya Idul Adha berlangsung pada 9 Juli 2022.

Baca juga: Kapan Puasa Jelang Idul Adha 2022? Ini Jadwal Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.