Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Prajurit TNI Bebaskan Balita yang Terjebak di Dalam Mobil, Ini Kronologinya

Kompas.com - 23/06/2022, 14:30 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan aksi seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menyelamatkan balita yang terjebak di dalam mobil viral di media sosial.

Video itu salah satunya diunggah oleh akun ini di grup Facebook Kriminal News, Rabu (20/6/2022).

"Anggota TNI Bebaskan Balita yang terjebak didalam mobil..Dengan satu pukulan kaca mobil dipecahkan lalu pintu yang terkunci berhasil dibuka dan..Balita cantik itu pun kembali kepelukan bundanya," tulis pemilik akun.

Dalam video, tampak seorang prajurit TNI menyelamatkan balita dari dalam mobil dengan cara memecahkan kaca sisi kiri belakang menggunakan sikunya.

Hingga Kamis (23/6/2022) siang, unggahan video tersebut telah disukai 259 kali dan dikomentari puluhan kali oleh pengguna Facebook.

Baca juga: Viral, Foto Pemotor Kena Tilang Elektronik karena Tidak Pakai Helm Saat Berkendara di Jalan Persawahan, Ini Kata Polisi

Baca juga: Viral, Video Oknum TNI Tendang dan Paksa Pemuda Tempelkan Kuping ke Knalpot, Ini Ceritanya

Penjelasan TNI AD

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Tatang Subarna mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi di Timika Provinsi Papua, Selasa (21/6/2022).

Tatang menyebut, prajurit TNI AD tersebut berasal dari satuan Brigif Raider 20/IJK/3 Kostrad bernama Praka Purna Irawan Setyabudi.

Saat itu, Praka Purna sedang menolong buah hatinya, Nazira Shaquila Halwatuzahra (2), yang terkunci di dalam kendaraan miliknya.

"Saat sang istri turun dari mobil untuk berbelanja di Pasar Timika pada Selasa (21/6/2022) sekitar pukul 10.00 WIT, sang putri yang masih balita memainkan kunci mobilnya sehingga otomatis terkunci, karena lama terkunci hampir 1 jam, sang istri menghubungi sang suami (Praka Purna) untuk minta pertolongan," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/6/2022) siang.

"Beruntung sang suami datang dan langsung menyelamatkan buah hatinya dengan memecahkan kaca kendaraan miliknya," jelas Tatang.

Baca juga: Penjelasan Polisi soal Foto Viral Pengendara Motor Kena Tilang Elektronik di Jalan Persawahan

Atas nama keluarga besar TNI AD, ia menyampaikan permohonan maaf atas beredarnya video tersebut, karena bukan atas kesengajaan dari yang bersangkutan untuk memviralkan video tersebut.

Namun demikian, Tatang mengapresiasi atas tanggapnya Praka Purna dalam situasi yang kritis mengambil keputusan cepat untuk menyelamatkan buah hatinya dengan cara memecahkan kaca kendaraan miliknya.

"Hal ini wajar dan bisa menimpa siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Alhamdulillah sang buah hati bisa diselamatkan oleh ayahnya," katanya.

"Tugas negara adalah paling utama, namun keluarga lebih utama," pungkasnya.

Baca juga: Video Viral Wisatawan Gunung Bromo Diminta Rp 50.000 Usai Ambil Video Kuda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com