Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Doa untuk Demo 11 April

Kompas.com - 11/04/2022, 09:27 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

NASKAH ini saya tulis pada pagi hari 11 April 2022, sebelum rencana mahasiswa dan buruh turun ke jalan untuk berunjuk rasa secara konstitusional terwujud menjadi kenyataan.

Naskah ini saya tulis setelah menyaksikan video rekaman laskar aparat keamanan menggelar show of force berunjuk gigi menunaikan tugas mengawal keamanan serta kedaulatan bangsa mirip defile militer yang diselenggarakan Hitler, Stalin, Putin, Mao, Xi dan lain-lain.

Rasa getir menyelinap di lubuk sanubari ketika menyaksikan adegan show of force aparat keamanan di ibu kota yang sementara belum pindah ke ibu kota baru.

Ternyata apabila di masa lalu bangsa Indonesia gigih berjuang melawan bangsa penjajah, ternyata di masa kini bangsa Indonesia gigih berjuang melawan bangsa Indonesia.

Jelas apa yang sedang terjadi di Tanah Air Udara tercinta ini tidak selaras dengan makna adi luhur di dalam sila poros Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia.

Maka di masa bulan suci Ramadhan dengan penuh kerendahan hati sebagai seorang rakyat Indonesia yang cinta Indonesia, saya memberanikan diri untuk bersujud memohon Yang Maha Kuasa berkenan menganugerahkan kekuatan lahir batin kepada rakyat yang berunjuk rasa mau pun petugas keamanan agar dapat menunaikan Jihad Al Nafs demi menaklukkan hawa nafsu diri masing-masing untuk tidak melakukan kekerasan terhadap sesama warga
Indonesia. AMIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com