Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpilih Menjadi Ketua Komisi Atlet BWF, Berikut Perjalanan Karir Greysia Polii

Kompas.com - 18/02/2022, 21:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com – Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii, terpilih menjadi ketua Komisi Atlet Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) untuk periode 2022 – 2025.

Penyataan tersebut disampaikan oleh BWF melalui laman resminya, Kamis (17/2/2022).

Sebelum dinobatkan menjadi Ketua Komisi Atlet BWF, Greysia Polii harus melewati beberapa tahapan seleksi yang dilakukan BWF Vetting Panel, sebagaimana disyaratkan bagi semua anggota dewan.

Ia dipilih menjadi Ketua Komisi Atlet BWF bersama pebulu tangkis Belanda, Robin Tabeling yang terpilih sebagai wakil ketua oleh anggota komisi.

Sementara pemain aktif lainnya, Iris Wang (Amerika Serikat), Kim Soyeong (Korea Selatan), Pusarla V Sindhu (India) dan Zheng Si Wei (China) menjadi anggota Komisi Atlet BWF untuk periode baru ini.

Baca juga: Jika Pensiun Greysia Polii Siap Jadi Pengusaha, Jual Sepatu ke Presiden Jokowi

Ungkapan Greysia Polii

Pasca terpilih menjadi Ketua Komisi Atlet BWF, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu ini menyatakan ingin membawa semangat, energi dan pengalaman baru dengan jabatan yang diembannya kini.

Melalui video yang diunggah di laman instagramnya, Kamis (17/2/2022), Greysia mengatakan, posisinya sebagai Ketua Komisi Atlet BWF saat ini sangat penting karena mewakili peran wanita dalam dunia bulu tangkis.

"Posisi ini sangat berarti bagi saya karena mewakili diri saya sebagai seorang wanita di dunia bulu tangkis, di Asia," kata Greysia Polii.

"Bulu tangkis telah membawa begitu banyak kebahagiaan dan hal positif dalam hidup saya. Jadi, saya ingin membalas dan saya ingin mengabdi untuk dunia bulu tangkis," imbuhnya.

Prestasi Greysia Polii ini semakin menambah daftar panjang penghargaan yang diterimanya di dunia bulu tangkis.

Baca juga: 4 Hadiah Terbesar yang Diberikan untuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Karir badminton Greysia Polii

Dilansir dari Kompas.com, (17/1/2021), Greysia Polii sudah enam kali gonta-ganti pasangan di sektor ganda putri.

Enam pasangannya tersebut adalah Heni Budiman (2003-2004), Jo Novita (2005-2007), Vita Marissa (2007-2008), Nitya Krishinda Maheswari (2008-2009 dan 2013-2016), Meiliana Jauhari (2010-2012), dan Apriyani Rahayu (2017-sekarang).

Ketika bermain bersama Jo Vita, Greysia Polii pernah naik ke podium utama, seperti di Hongkong Open 2005, Filipina Open 2006, dan Kejurnas 2007.

Sementara saat dipasangkan dengan Nitya Krishinda Maheswari, ia berhasil memboyong medali emas Asian Games 2014 dan podium utama di ajang Thailand Open 2013.

Saat dipasangkan dengan Meiliana Jauhari, Greysia Polii berhasil masuk ke 10 besar dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com