Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Prakerja 2022 Resmi Dibuka, Adakah yang Berbeda?

Kompas.com - 18/02/2022, 20:02 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja gelombang pertama 2022, yakni gelombang ke-23, pendaftarannya sudah resmi dibuka sejak Kamis (17/2/2022).

Informasi pembukaan pendaftaran ini sebagaimana disampaikan melalui akun Instagram @prakerja.go.id.

Lalu, bagaimana pelaksanaan Kartu Prakerja kali ini? Adakah perbedaan penyelenggaraan Kartu Prakerja 2022 dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya?

Baca juga: Ramai soal Gambar Lonceng di Halaman Dashboard Kartu Prakerja, Apa Itu?

Penjelasan Kemenko bidang Perekonomian

Program Kartu Prakerja selama ini berjalan di bawah naungan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemenko Perkonomian).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kemenko Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin menyatakan tidak ada perubahan atau perbedaan yang signifikan.

Berbagai kesamaan masih dapat dilihat dari berbagai hal, misalnya skema program juga besaran bantuan yang akan diberikan pada peserta.

"Untuk Program Prakerja pada semester I tahun 2022 ini akan dilaksanakan dengan skema semi bansos dan pelatihan online, sama dengan periode di tahun-tahun sebelumnya," kata Rudy dalam Konferensi Pers Kartu Prakerja 2022, Kamis (17/2/2022).

"Besar bantuan juga masih sama dengan periode tahun-tahun sebelumnya, yakni Rp 3.550.000 dengan rincian biaya pelatihan Rp 1.000.000, insentif Rp 2.4.000, dan juga insentif survei Rp 150.0000," lanjutnya.

Kesamaan ini juga ditegaskan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang juga hadir dalam kesempatan konferensi pers tersebut.

"Kartu Prakerja di tahun ini sama seperti sebelumnya," tegas Airlangga.

Baca juga: Lupa Password di Dashboard Kartu Prakerja? Lakukan Cara Berikut Ini!

Fokus daerah dan alokasi khusus Pekerja Migran Indonesia

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar ?Impact Evaluation of Kartu Prakerja as Covid-19 Recovery Program?, Rabu (9/2/2022). Dok. Youtube Kompas.com Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar ?Impact Evaluation of Kartu Prakerja as Covid-19 Recovery Program?, Rabu (9/2/2022).

Hanya saja, Airlangga menggarisbawahi, dari total kuota peserta yang akan dibuka di gelombang 23 ini, akan ada fokus pada daerah tertentu.

Daerah yang menjadi fokus ini adalah kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang direncanakan akan dilakukan penurunan kemiskinan ekstrem.

"Kuota di tahun 2022 di gelombang 23 ini adalah minggu pertama 500.000. Dan tentu kami akan memberi keberpihakan bagi 220 kabupaten/kota yang memang direncanakan untuk dilakukan penurunan kemiskinan ekstrem," ujar Airlangga.

Baca juga: Berkaca dari Airlangga Hartarto, Bisakah Orang yang Belum Terinfeksi Covid-19 Jadi Donor Plasma Konvalesen?

Untuk diketahui, saat ini Indonesia dengan 34 provinsi memiliki 514 kabupaten/kota, yakni 416 kabupaten dan 98 kota.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com