Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Belanda Menjadi Negara Pertama yang Bebas Anjing Jalanan

Kompas.com - 11/02/2022, 15:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Belanda tak lagi memiliki anjing jalanan yang bebas berkeliaran di tempat-tempat umum.

Negara tersebut sudah bebas anjing jalanan berkat penataan kota dan kepedulian seluruh pihak terhadap kondisi anjing-anjing liar yang tak terurus.

Di Belanda sendiri, dari abad ke abad, anjing hidup melekat di antara manusia.

Seperti dikutip dari iHeartdogs, dulu ada dua tujuan masyarakat Belanda memelihara anjing. Mereka yang makmur, memelihara anjing untuk dijadikan hewan kesayangan sekaligus simbol status sosial.

Sedangkan mereka yang ada di ekonomi menengah ke bawah, memelihara anjing untuk digunakan meringankan pekerjaan manusia seperti pekerjaan di ladang atau kebun.

Di abad ke-19, populasi anjing jalanan di Belanda jadi tak terkendali. Hal ini dipicu wabah rabies yang menyeruak, yang membuat para pemilik anjing ketakutan dan meninggalkan anjing-anjing mereka di jalanan.

Baca juga: Viral, Video Gadis Kecil Menutupi Telinga Seekor Anjing Saat Ada Petasan di Dekatnya

Cara Belanda mengurangi populasi anjing liar

Menyikapi banyaknya pemilik anjing yang tak mengurus anjing-anjingnya dengan benar, pemerintah Belanda pernah melahirkan pajak khusus anjing.

Tujuannya, agar tak ada lagi orang tak bertanggungjawab yang berani memelihara anjing tanpa mengurus anjingnya dengan benar.

Pemerintah Belanda menerapkan pajak pembelian anjing hingga program vaksinasi dan kebiri untuk mengontrol populasi anjing jalanan.Unsplash/Anoir Chafik Pemerintah Belanda menerapkan pajak pembelian anjing hingga program vaksinasi dan kebiri untuk mengontrol populasi anjing jalanan.
Namun pajak ini justru menjadi bumerang. Karena justru membuat pemilik anjing yang tak kuat bayar pajak, membuang anjing-anjing mereka ke jalanan. Imbasnya, anjing jalanan pun menjadi semakin banyak!

Pemerintah pun mengganti strategi, dengan menerapkan pajak tinggi bagi pembelian anjing di petshop.

Cara ini cukup berhasil. Demi menghemat uang, masyarakat yang ingin memelihara anjing pun menempuh jalan adopsi anjing dari shelter atau dari jalanan ketimbang membelinya di toko-toko satwa.

Pemerintah juga menerapkan program Collect, Neuter, Vaccinate dan Return atau yang disingkat CNVR.

Sesuai namanya, program ini meliputi mengumpulkan anjing liar, memvaksinnya agar bebas penyakit berbahaya seperti rabies, dan mensterilkannya sehingga populasi terkendali. 

Dilansir dari Dutch Review,  berkurangnya anjing jalanan dan semakin sejahteranya populasi anjing di Belanda juga terbantu berkat adanya "polisi anjing".

The Dutch Society of The Protection of Animal adalah salah satu organisasi yang melindungi kesejahteraan anjing dengan mengawasi pemeliharaan anjing di tengah-tengah masyarakat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com