Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah dan Sayuran yang Efektif Menurunkan Gula Darah

Kompas.com - 07/09/2021, 11:45 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Orang dengan diabetes harus menjaga asupan makanannya agar bisa selalu mengontrol gula darahnya.

Selain mengurangi asupan serba manis, mereka juga biasanya mengonsumsi bahan makanan yang bisa menstabilkan atau menurunkan kadar gula dalam darah.

Salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk mengontrol gula dalam darah adalah buah-buahan dan sayuran. Meski tentu saja, tak semua buah dan sayuran bisa aman untuk penderita diabetes.

Buah-buahan tentunya, banyak yang mengandung karbohidrat dan zat gula alami yang bisa menaikkan gula darah. Seperti pisang, semangka, nanas, anggur juga buah pir.

Lantas buah dan sayuran apa yang aman untuk penderita diabetes? Dilansir dari Healthline,  ini adalah bahan pangan alami yang bisa menstabilkan gula dalam darah:

Baca juga: Waktu Terbaik Konsumsi Buah, Setelah atau Sebelum Makan?

1. Brokoli

Satu porsi brokoli potong mengandung sekitar 31 kalori sehingga cocok menjadi salah satu sayuran untuk diet yang tinggi nutrisi.SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Satu porsi brokoli potong mengandung sekitar 31 kalori sehingga cocok menjadi salah satu sayuran untuk diet yang tinggi nutrisi.
Ketika dipotong dari tangkai utamanya, atau ketika dikunyah oleh rongga mulut, brokoli mengeluarkan sulforaphane, yaitu senyawa yang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula di dalam darah.

Studi yang dilakukan terhadap binatang menunjukkan bahwa senyawa yang cukup banyak terdapat pada brokoli ini memang efektif digunakan sebagai sumber nutrisi anti diabetes. 

Kesimpulannya, mengonsumsi brokoli secara rutin bisa menurunkan risiko terkena diebetes tipe 2.

Baca juga: 6 Jenis Buah yang Dapat Membantu Atasi Penyakit Asam Lambung

2. Labu atau waluh

Dengan warna orange terang yang kaya serat dan antioksidan, labu bisa digunakan untuk menstabilkan gula dalam darah.

Di dalam buah labu terdapat senyawa bernama polysaccaridhes yang juga bekerja mengurangi kadar gula di dalam tubuh.

Lewat sebuah studi yang dilakukan terhadap binatang, labu memang bisa efektif menjaga kesehatan penderita diabetes. Karena hal ini lah, selama bertahun-tahun labu sudah digunakan dalam pengobatan herbal pasien diabetes tipe 2.

Penelitian yang tengah terus dilakukan adalah menentukan antara olahan labu dalam bentuk panggang atau kukusan, yang paling bagus digunakan untuk menyehatkan pasien diabetes.

Baca juga: Cara Mencegah Pikun dengan Buah dan Sayur Warna-warni

3. Kacang-kacangan

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com