Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memodifikasi Sajian yang Terlalu Asin

Kompas.com - 08/08/2021, 17:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Karena sedikit lalai, Anda bisa saja memberi garam terlalu banyak pada masakan. Akibatnya, masakan pun menjadi terlalu asin dan tak lagi nikmat untuk disantap.

Makanan yang keasinan ini jangan lantas dibuang, karena Anda masih bisa memodifikasinya sehingga kadar garamnya berkurang dan citarasa sajian bisa nyaman di penampang lidah.

Untuk mengatasi sajian yang terlalu asin, Anda bisa melakukan beberapa trik. Mulai dari menambah air hingga menambah perisa lain seperti gula atau cuka.

Dilansir dari The Spruce Eats, inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sajian yang terlampau asin:

Baca juga: 8 Tips agar Makanan Tidak Lengket di Wajan atau Pan Penggorengan

1. Beri tambahan air

Ilustrasi memasak. FREEPIK/SENIVPETRO Ilustrasi memasak.
Ini adalah pertolongan pertama yang paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa menambah air bersih, air kaldu, atau jenis kuah lain yang tak bercitarasa asin ataupun manis alias tawar.

Beri air sedikit demi sedikit, coba rasa. Jika dirasa masih terlalu asin, tambahkan sedikit air lagi hingga tercipta citarasa yang paling pas.

Agar sajian seimbang antara air dan bahan isinya, mungkin Anda perlu menambah beberapa bahan makanan lagi ke dalamnya. Seperti sayur atau daging.

Baca juga: Agar Sajian Istimewa, Hindari 5 Kesalahan dalam Memasak Udang Ini

2. Cuci di air bersih

Jika yang terlalu asin adalah daging-dagingan yang direndam dalam bumbu atau diungkep, maka Anda bisa mengurangi kadar garamnya dengan mencuci daging di bawah air yang mengalir, kemudian keringkan dengan tisu bersih.

Atau Anda bisa merendam daging ke dalam air bersih selama beberapa saat hingga kadar garam sedikit berkurang.

3. Tambahkan asam

Menambahkan lemon ke sajian bisa mengurangi kadar garam yang terlalu banyakUnsplash/Max Delsid Menambahkan lemon ke sajian bisa mengurangi kadar garam yang terlalu banyak
Anda bisa pula mengurangi kadar garam pada sup atau sajian berkuah dengan menambahkan bahan makanan bercitarasa asam seperti cuka putih atau lemon.

Campurkan sedikit bahan asam ke dalam sajian, tes rasa. Jika masih terasa asin, tambahkan lagi hingga Anda mendapatkan citarasa yang pas.

Baca juga: Benarkah Air Lemon Hangat Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

4. Beri zat gula

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com