8 Tips agar Makanan Tidak Lengket di Wajan atau Pan Penggorengan

Kompas.com - 01/08/2021, 13:45 WIB
Wajan anti lengket perlu digunakan dan dirawat dengan tepat agar lebih awet. UNSPLASH/ANDREW DONOVAN VALVIDIAWajan anti lengket perlu digunakan dan dirawat dengan tepat agar lebih awet.

KOMPAS.com - Bagi mereka yang hobi masak, pasti kesal ketika makanan yang tengah diolah menempel pada wajan atau pan.

Tidak hanya membakar dan merusak rasa dan aroma makanan, membuang makanan yang lengket juga merusak lapisan pan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda simak agar makanan tak menempel. Ketahui pula penyebab makanan menempel pada wajan atau pan.

Mengapa makanan menempel di panci?

Profesor kimia dan biokimia di University of San Diego, Joseph Provost, menjelaskan, tekstur dari wajan tidak rata.

"Kebanyakan wajan, bahkan yang benar-benar bagus, sebenarnya penuh dengan retakan-retakan kecil," kata Provost, dikutip dari Washington Post, 11 Maret 2019.

Saat memasak telur, misalnya, ketika wajan dipanaskan, logamnya mengembang. Hal itu memungkinkan telur terperangkap di celah-celah mikroskopis itu, kemudian telur menempel dan terbakar.

Harold McGee penulis “Kunci Memasak yang Baik: Panduan untuk Membuat Makanan dan Resep Terbaik" menyebutkan, panas tinggi menyebabkan protein dan karbohidrat makanan membentuk ikatan dengan permukaan wajan atau panci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Royal Society of Chemistry, makanan kaya protein sangat rentan lengket karena protein dapat membentuk kompleks dengan atom logam, seperti besi, di dalam wajan.

McGee juga menuliskan, makanan yang mudah menempel di antaranya telur, ikan, potongan daging ayam dan sapi.

Menurut Provost, ayam dan daging sapi tanpa lemak cenderung lengket karena tinggi protein tetapi rendah lemak. Tanpa banyak lemak untuk melumasi permukaan antara wajan dan makanan, daging akan menempel.

Apa yang bisa dilakukan agar makanan tak menempel di wajan?

1. Beri penghalang

Perlu menempatkan penghalang bahan yang dimasak dengan permukaan wajan. Anda bisa menggunakan beberapa jenis lemak goreng, seperti mentega atau minyak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.