Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Badai dari Australia Disebut Akan Menerjang NTT, Ini Faktanya

Kompas.com - 07/08/2021, 13:00 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di media sosial ramai kabar yang menyebutkan badai dari Australia akan menerjang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Informasi tersebut dibagikan oleh sejumlah akun Facebook. Salah satu akun yang menyebarkannya adalah akun GA, pada Jumat (6/8/2021).

Ia membagikan gambar dari aplikasi cuaca disertai narasi badai Australia akan terjadi di perairan selatan Pulau Rote Ndao dan Pulau Timor pada Kamis (5/8/2021) hingga Senin (9/8/2021).

Dituliskan bahwa puncak kecepatan angin diprediksi terjadi pada Minggu (8/8/2021) pukul 02.00 Wita.

"Waspada badai Australia di perairan Selatan Rote Ndao & Selatan Pulau Timor, terhitung Kamis 05-agustus 2021-Senin 09-agustus 2021, puncak kecepatan angin pada hari Minggu 08-agustus 2021, pukul 02.00 Wita dini hari," tulis keterangan pada gambar.

Berikutnya, yang juga menyebarkan informasi tersebut adalah akun LK pada Jumat (6/8/2021).

Akun tersebut pun mengunggah gambar dengan narasi yang sama.

Tangkapan layar unggahan bernarasi badai Australia akan menerjang NTT.FACEBOOK Tangkapan layar unggahan bernarasi badai Australia akan menerjang NTT.

Lantas, bagaimana penjelasan BMKG?

Baca juga: Apakah Indonesia Dihantam Gelombang Panas? Ini Penjelasan BMKG

Tak terdeteksi potensi badai tropis

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengatakan, bahwa informasi tersebut tidak tepat.

Ia memastikan, saat ini tidak terdeteksi potensi badai tropis di wilayah Selatan Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur (NTT) maupun di sekitar Australia.

"Terkait soal kabar ini tidak tepat, karena saat ini bila kita melihat data di BMKG (TCWC, Analisis Streamline dan Signature BMKG), disimpulkan bahwa tidak ada Bibit Siklon Tropis atau Sirkulasi Siklonik," ujar dia, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (7/8/2021).

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tak mempercayai isu yang tak bisa dipertanggungjawabkan tersebut.

Guswanto kemudian mengirimkan rilis yang menerangkan soal kondisi cuaca di wilayah NTT.

Pola pusat tekanan tinggi

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terbaru, teridentifikasi adanya pola pusat tekanan tinggi di wilayah benua Australia bagian Selatan dengan tekanan udara hingga mencapai 1.034 mb.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com