Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Blog dan Nomor Ponsel Catut Kepala BKN Bima Haria Wibisana

Kompas.com - 18/09/2020, 11:58 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar blog dan nomor telepon seluler yang mencatut nama Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana.

Di blog termuat foto dan data pribadi Kepala BKN. Sementara, pada nomor telepon terpasang foto Kepala BKN Bima Haria Wibisana sebagai profil WhatsApp.

BKN menegaskan blog dan nomor telepon tersebut palsu alias hoaks.

Blog palsu

Blog dengan alamat https://bimahariawibisana.blogspot.com/ berisi foto Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, dan data pribadi.

Data pribadi mengatasnamakan Bima Haria Wibisana itu mencakup tanggal lahir, agama, nomor telepon, nama pasangan dan anak, serta riwayat pendidikan.

Di dalamnya juga termuat enam tugas dan fungsi Kepala BKN. Berikut kutipan isi blog:

"Bima Haria Wibisana, resmi dilantik menjadi Kepala BKN pada 15 September 2015, salah satu karya Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS yang masih terus digunakan untuk saat ini dan ke depan yakni sitem CAT CPNS."

Di akhir halaman blog, terdapat kotak kosong untuk mengisi alamat e-mail.

Nomor palsu mengatasnamakan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana. Twitter Nomor palsu mengatasnamakan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana.

Sementara, nomor telepon yang tertera di blog, yakni +6285322229925, memasang foto Bima Haria Wibisana pada profil WhatsApp.

Penjelasan BKN

Melalui akun Instagram bkngodiofficial, BKN menegaskan akun dan nomor telepon tersebut palsu.

"Kami berharap masyarakat dapat berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk penipuan atau upaya lain yang berpotensi merugikan masyarakat dari akun dan nomor telepon tersebut," tulis BKN, Kamis (17/9/2020).

Informasi tersebut juga disampaikan BKN dalam akun Twitter @BKNgoid dan akun Facebook Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com