Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Daftar 7 Negara yang Umumkan Darurat Nasional karena Virus Corona

Kompas.com - 15/03/2020, 20:30 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peningkatan jumlah kasus yang masih terus terjadi di berbagai negara menyebabkan pemerintah melakukan sejumlah langkah untuk mengendalikan penyebaran virus.

Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi untuk mendeklarasikan darurat nasional virus corona

Merespons hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah Indonesia menyatakan penyebaran virus corona sebagai bencana nasional.

"Bukan darurat nasional. Ini sudah bencana nasional. Darura nasional gimana? Kalau dipegang BNPB kan sudah bencana nasional ini," kata Yuri, Sabtu (14/3/2020).

Meski demikian, sejumlah negara yang telah terjangkit Covid-19 dengan status darurat nasional terkait dengan wabah virus corona ini.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca juga: Cegah Infeksi Corona, PNS KKP Boleh Kerja dari Rumah

Spanyol

Pada hari Sabtu (14/2/2020), pemerintah Spanyol mengumumkan bahwa mereka memberlakukan pembatasan ketat pada pergerakan orang-orang hingga penutupan restoran atau perusahaan di wilayahnya.

Melansir CNBC, kebijakan ini merupakan bagian dari dampak status darurat selama dua minggu yang ditetapkan untuk memerangi peningkatan tajam infeksi virus corona. 

Status darurat negara ini juga memungkinkan pemerintah pusat untuk secara legal mengambil alih kendali industri maupun fasilitas swasta, termasuk rumah sakit swasta untuk meningkatkan sistem publik yang kuat. 

Hingga Minggu (15/3/2020) sore, total kasus yang telah dikonfirmasi di Spanyol adalah sebanyak 6.391 kasus dengan 196 kematian dan 517 pasien sembuh.

Baca juga: Usai Tes Virus Corona, Mahfud MD Langsung Diperbolehkan Pulang

Kazakhstan

Melansir Al Jazeera, Presiden Kazahstan Kassym-Jomart Tokayev mendeklarasikan darurat nasional atas virus corona yang telah mencapai negara-negara Asia Tengah.

Dekrit ini berisi kebijakan pembatasan keluar dan masuknya orang dari Kazakhstan bagi semua orang kecuali diplomat dan mereka yang diundang oleh pemerintah.

Hingga Minggu (15/3/2020), jumlah kasus infeksi Covid-19 adalah sebanyak 6 orang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com