Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Lingkaran Merah pada Tabung Gas Penanda Kebocoran

Kompas.com - 15/12/2019, 06:25 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah narasi yang menyebutkan fungsi lingkaran merah pada tabung gas beredar di media sosial baru-baru ini.

Narasi tersebut beredar luas di media sosial Facebook pada Minggu (8/12/2019). Salah satu akun yang menyebarkan narasi tersebut adalah akun Facebook Fiki Arius.

Namun, narasi tersebut dibantah oleh pihak terkait yakni Pertamina.

Tidak benar bahwa lingkaran merah pada tabung gas menjadi penanda kebocoran.

Narasi yang beredar

Salah satu akun media sosial Facebook Fiki Arius menyebarkan narasi tersebut. Adapun narasi yang beredar tersebut adalah sebagai berikut:

"Fungsi Lingkaran Merah Pada Tabung Gas.

Mungkin Anda mengira lingkaran merah yang terdapat di tengah tabung LPG itu hanya variasi warna saja atau desain warna tabung saja. Jika dugaan kamu seperti itu jawaban kamu salah besar ! lingkaran merah itu memiliki fungsi yang penting bagi pengguna LPG , lingkaran merah itu berfungsi untuk rambu rambu menandakan ledakan.. Bagai mana cara kerjanya ? simak penjelasan berikut.

Bila pada saat kamu memasak terjadi kebocoran gas dan api keluar dari selang yang bocor , yang perlu kamu lakukan adalah melihat lingkaran merah tersebut , jika lingkaran merah tersebut masih berwarna merah berarti tabung itu masih aman untuk di lepas regulatornya saat terjadi kebocoran gas untuk mematikan apinya, namun sebaliknya jika lingkaran merah itu sudah berubah warna menjadi warna hitam berarti tabung LPG sudah tidak aman ,dan kamu harus cepat cepat lari karena tabung akan segera meledak.

Nah seperti itulah fungsi lingkaran merah pada tabung LPG yang di buat oleh pertamina untuk keamanan pengguna.

Semoga Bermanfaat".

Unggahan yang menyebutkan bahwa lingkaran merah pada tabung gas merupakan penanda kebocoran gas. Pertamina memastikan informasi ini tidak benar alias hoaks.Facebook Unggahan yang menyebutkan bahwa lingkaran merah pada tabung gas merupakan penanda kebocoran gas. Pertamina memastikan informasi ini tidak benar alias hoaks.
Konfirmasi Kompas.com

Mengonfirmasi informasi tersebut, Kompas.com menghubungi Senior Spv Comm & Rel Pertamina MOR IV, Arya Yusa Dwicandra.

Ia mengatakan, informasi bahwa lingkaran merah pada tabung gas itu merupakan penanda kebocoran adalah tidak benar alias hoaks.

Arya Yusa menjelaskan, lingkaran merah tersebut penanda bahwa elpiji barang berbahaya, jadi penggunaannya harus secara hati-hati.

"Lingkaran merah adalah tanda yang digunakan sebagai identifikasi bahan berbahaya yang berpotensi menyebabkan kebakaran," kata Arya, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/12/2019).

Adapun, indikator kebocoran tabung elpiji adalah bau merkaptan (bau khas zat pembau elpiji) yang menyengat.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com