Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Produktif Selama "Weekend", Begini Caranya

Kompas.com - 15/09/2019, 09:09 WIB
Rosiana Haryanti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar orang melakukan apa pun agar terhindar dari pekerjaan saat akhir pekan. Meski begitu, bagi para pekerja lepas atau freelance, pengusaha, dan jenis pekerjaan lain yang menuntut harus siaga setiap saat, hal ini memang jarang terjadi.

Akhir pekan bagi beberapa orang bisa jadi merupakan hari kerja biasa. Selain itu, banyak juga yang terpaksa membawa pekerjaan harian dan mengerjakannya saat weekend.

Namun, terkadang bekerja pada saat akhir pekan tidak berjalan maksimal. Ini karena, produktivitas dan jadwal menjadi terganggu. Untuk itu, agar akhir pekan Anda lebih profuktif, coba cara-cara berikut, seperti dilansir dari laman Enterpreneur, Sabtu (14/9/2019):

Baca juga: Kalender 2020: Siap-siap, Ini Daftar Long Weekend dan Harpitnas

Jadwalkan waktu kerja

Jadwal bekerja saat akhir pekan termasuk jam, tergantung pada preferensi pribadi Anda. Namun tidak ada salahnya mencoba untuk memaksimalisasi waktu di pagi hari. Ini karena, penelitian menujukkan, jika orang cenderung lebih produktif saat pagi hari.

Namun, Anda tidak perlu mengikuti hal ini jika dirasa kurang cocok dengan kebiasaan atau kepribadian. Sebaliknya, Anda bisa membuat jadwal kapan harus bekerja dan mematuhinya.

Tidur yang cukup

Jika Anda ingin produktif saat akhir pekan, maka jangan begadang sebelumnya. Kemudian, saat akhir minggu tiba, bangunlah tepat waktu dan patuhi jadwal yang Anda buat sendiri.

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh hingga sembilan jam tidur setiap hari.

Usahakan untuk menjaga jadwal tidur yang konsisten agar Ada mendapatkan jumlah istirahat yang tepat.

Tetapkan tujuan

Jika tugas yang diberikan menumpuk, terkadang orang tergoda untuk langsung menyelesaikan semuanya sekaligus. Namun jika tidak menetapkan target yang jelas, maka Anda akan tergangu dengan pekerjaan lain bahkan malah frustasi karenanya.

Untuk itu, ketika mengatus jadwal kerja pada akhir pekan, putuskan proyek atau pekerjaan apa yang diprioritaskan, lalu kerjakan satu demi satu.

Baca juga: 5 Ide Wisata di Jakarta untuk Libur Weekend, Ada yang Gratis Lho

Kurangi penggunaan teknologi

Pada tahun-tahun ini, sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan bantuan teknologi terutama internet. Jika Anda ingin produktif dan tidak terganggu, maka selesaikan pekerjaan akhir pekan lalu lakukan aktivitas yang tidak melibatkan teknologi seperti melakukan permainan papan bersama keluarga atau berjalan-jalan dan menikmati hari di sekitar rumah.

Kurangi penggunaan ponsel Anda. Rata-rata para pengguna smartphone memeriksa perangkatnya setiap 6,5 menit sekali. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk aktivitas lain, maka semakin segar Anda ketika kembali bekerja.

Untuk mendapatkan awal pekan yang produktif, Anda perlu menikmati satu hari tanpa teknologi dan pekerjaan. Untuk itu, patuhi jadwal yang telah Anda buat sebelumnya, sehingga bisa menikmati sisa hari dengan nyaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com