Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Kejurnas Karate, Inkai Cari Calon Atlet Nasional

Kompas.com - 27/08/2022, 17:30 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui kejuaraan nasional (kejurnas) bertajuk ALT Cup IV 2022, perguruan bela diri karate Institut Karate-Do Indonesia (Inkai) mencari calon atlet nasional.

Kejurnas itu sudah berlangsung sejak Jumat (26/8/2022).

Lokasi penyelenggaraan ada di Gedung Olahraga (GOR) Pusat Olahraga Persahabatan Korea Indonesia (POPKI) di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Kejurnas akan berakhir pada Minggu (28/8/2022).

Menurut informasi terkini penyelenggara, hari ini, 1.036 karateka dari berbagai pengurus provinsi di Indonesia, ikut berpartisipasi.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengharapkan atlet-atlet karate khususnya Inkai dapat memberikan prestasi hingga tingkat dunia.

Baca juga: Teknik Dasar Olahraga Karate

Zainudin Amali berkisah, ada negara kecil dengan jumlah penduduk hanya 2 juta jiwa namun mempunyai prestasi olahraganya yang luar biasa yaitu Jamaika.

Presiden RI Joko Widodo saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (03/08/2022).
Sekreteriat Kabinet Presiden RI Joko Widodo saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (03/08/2022).

Lantaran contoh Jamaika itu, Zainudin Amali berharap dari kejuaraan ini ini juga akan lahir atlet-atlet dunia khususnya dari Inkai agar kita bisa berprestasi tingkat dunia seperti Jamaika.

"Kejuaraan ini bukan sebagai akhir, tapi sebagai awal menjadi atlet elit nasional yang membanggakan,” ujar Zainudin Amali.

Pada kejurnas ini, para atlet tampil dalam nomor kumite dan kata.

ALT adalah singkatan dari Albert Lumban Tobing.

Tokoh ini adalah salah satu pendiri perguruan karate Inkai pada 1971.

Ketua Panitia Kejurnas ALT Cup IV 2022, Ferry Mulyadi Arifin mengatakan ada sekitar 300 nomor pertandingan di kejurnas kali ini.

Hadir dalam kesempatan pembukaan adalah Ketua Umum Pengurus Pusat Inkai Ivan Yulivan serta Ketua Umum KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), Marciano Norman.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano NormanFMB9 Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com