Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Pelari Estafet yang Menerima Tongkat dengan Tangan Kanan

Kompas.com - 24/04/2022, 13:20 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Dalam lomba lari estafet, pelari yang menerima tongkat harus memperhatikan posisinya di lintasan. Pelari estafet yang menerima tongkat estafet dengan tangan kanan berlari di lintasan sisi kiri.

Lari estafet atau lari sambung merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik kategori lari.

Pada pelaksanaannya, lari estafet dilakukan secara bergantian atau beranting oleh satu tim.

Dalam satu regu atau tim, terdapat empat orang pelari yaitu pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

Adapun, alat yang digunakan dalam nomor lari estafet adalah tongkat estafet.

Baca juga: Perpindahan Tongkat pada Lari Estafet dengan Cara Melihat Pemberi

Pelaksanaan Lari Estafet

Pada ajang resmi seperti Olimpiade, nomor lari estafet yang dilombakan adalah 4x100 meter dan 4x400 meter.

Salah satu bagian penting dalam lomba lari estafet adalah proses pemindahan tongkat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya.

Setelah menempuh jarak tertentu, pelari pertama akan memberikan tongkat estafet kepada pelari kedua, dilanjutkan pelari kedua ke pelari ketiga dan seterusnya sampai pelari keempat (terakhir).

Baca juga: Panjang Tongkat yang Digunakan untuk Lari Estafet

Bagi pelari yang menerima tongkat estafet, ia harus memperhatikan posisi lintasan di mana ia berdiri.

Pelari estafet yang menerima tongkat estafet dengan tangan kanan berlari di lintasan sisi kiri.

Pelari Indonesia Dewi Ayu Agung
Kurniyanti (No.348) dan Ulfa Silpiana (No.362) beradu kecepatan dengan para pelari lainya saat babak final lari estafet 4x400 meter Putri Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018). Pada pertandingan ini tim pelari estafet Indonesia gagal meraih medali.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pelari Indonesia Dewi Ayu Agung Kurniyanti (No.348) dan Ulfa Silpiana (No.362) beradu kecepatan dengan para pelari lainya saat babak final lari estafet 4x400 meter Putri Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018). Pada pertandingan ini tim pelari estafet Indonesia gagal meraih medali.

Teknik Pemindahan Tongkat dalam Lari Estafet

Dikutip dari modul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas IX (2018) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada dua cara pemindahan tongkat estafet yaitu cara visual dan non-visual.

Berikut adalah cara memindahkan tongkat dalam lomba lari estafet, baik cara visual maupun non-visual.

Baca juga: Apa Saja Teknik Dasar Lari Estafet?

Teknik Pemindahan Tongkat Estafet Cara Visual

  1. Pada saat menerima tongkat estafet, penerima harus menjulurkan tangannya ke belakang dengan telapak tangan menghadap ke atas, keempat jari rapat, dan ibu jari terbuka.
  2. Posisi jari tersebut terlihat membentuk huruf V.
  3. Tangan yang menerima tongkat diayunkan ke belakang dengan sikap telapak tangan menghadap ke belakang dan keempat jari terbuka ke arah dalam.
  4. Tangan yang menerima tongkat dijulurkan ke belakang serong bawah dengan telapak tangan menghadap belakang serong atas dan keempat jari rapat menuju luar. Sementara itu, ibu jari terbuka ke arah dalam.

Teknik Pemindahan Tongkat Estafet Cara Non-visual

  1. Tangan yang menerima tongkat diayun ke belakang atas, telapak tangan menghadap atas, keempat jari rapat, dan ibu jari terbuka.
  2. Tangan yang menerima tongkat diayun ke belakang dengan telapak tangan menghadap ke bawah, keempat jari rapat, dan ibu jari terbuka.
  3. Tangan yang menerima tongkat dijulurkan ke belakang pinggul, dengan telapak tangan menghadap dalam dan jari-jari agak ditekuk, sedangkan ibu jari dibuka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com