Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foreign Direct Investment (FDI): Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 22/02/2024, 13:30 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam dunia yang semakin terhubung secara global, Foreign Direct Investment (FDI) telah menjadi topik yang menarik perhatian banyak pihak. 

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang pengertian FDI, jenis-jenisnya, manfaat yang diberikannya, serta beberapa contoh perusahaan FDI yang beroperasi di Indonesia.

Pengertian FDI

FDI adalah investasi asing atau penanaman modal asing. Lebih jelasnya, FDI adalah investasi yang dilakukan oleh perusahaan atau individu dari satu negara ke negara lain,

Tujuan dilakukannya FDI adalah untuk memperoleh kontrol langsung atas aset atau bisnis di negara tujuan investasi.

Hal ini berbeda dengan investasi portofolio, di mana investor hanya memiliki saham atau obligasi suatu perusahaan tanpa memiliki kendali langsung atas operasional bisnis.

Baca juga: 10 Manfaat Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia

Jenis FDI

Beberapa jenis Foreign Direct Investment (FDI), sebagai berikut: 

  • Greenfield investment

Greenfield investment melibatkan pembangunan fasilitas baru di negara tujuan. Contohnya  pembangunan pabrik, kantor pusat, atau fasilitas produksi baru.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia merupakan contoh dari greenfield investment. Toyota membangun pabrik baru di Indonesia untuk memproduksi mobil.

Dengan melakukan investasi ini, Toyota memiliki kendali langsung atas aset dan bisnis mereka di Indonesia.

  • Mergers and acquisitions 

Investasi terjadi ketika perusahaan asing membeli atau mengakuisisi perusahaan lokal di negara tujuan. Contohnya akuisisi mayoritas saham perusahaan lokal.

Akuisisi oleh Samsung atas PT Televisi Elektronik Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang melakukan jenis FDI ini.

Samsung membeli mayoritas saham perusahaan lokal yang sudah mapan dalam industri elektronik Indonesia. Dengan demikian, Samsung dapat memperluas operasinya di Indonesia melalui akuisisi ini.

Baca juga: Merger dan Akuisisi: Konsep, Definisi, serta Jenisnya

  • Joint ventures

Investasi melibatkan pembentukan kemitraan antara perusahaan asing dan lokal. Contohnya pembentukan perusahaan patungan antara perusahaan asing dan lokal.

Salah satu contohnya adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, yang merupakan perusahaan patungan antara Indofood (perusahaan lokal) dan perusahaan asal Belanda, Unilever.

Dengan bermitra, kedua perusahaan dapat menggabungkan keahlian dan sumber daya mereka untuk memproduksi berbagai produk makanan dan minuman di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com