Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kolam Renang Terlihat Dangkal?

Kompas.com - 07/01/2024, 22:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Ketika melihat kolam renang dari atas, kolam kerap terlihat dangkal. Namun, ketika kita memasukinya barulah kita menyadari kalau kolam renang tersebut lebih dalam? Mengapa kolam renang terlihat dangkal?

Kolam renang terlihat dangkal karena adanya refraksi atau pembiasan.

Dilansir dari Physics LibreTexts, kedalaman kolam yang terlihat tidak sedalam sebesarnya karena pembentukan bayangan maya suatu titik di dasar kolam melalui pembiasan atau refraksi.

Baca juga: Sifat-Sifat Cahaya

Hal ini memiliki konsep yang sama dengan alasan mengapa saat setengah bagian pensil dimasukkan ke dalam gelas berisi air, maka pensil terlihat bengkok.

Kita dapat melihat karena adanya cahaya. Ketika melihat kolam renang dari atas, kita melihat cahaya yang bergerak di udara dan juga cahaya yang bergerak di air.

Di mana udara dan air memiliki indeks bias yang berbeda. Dilansir dari Science Learning Hub, cahaya dibiaskan setiap kali bergerak ke dalam zat dengan indeks bias berbeda.

Baca juga: Pembiasan Cahaya: Pengertian, Sifat, dan Hukumnya

Air memiliki indeks bias yang lebih tinggi daripada udara karena kerapatannya yang lebih tinggi.

Hal tersebut membuat cahaya yang masuk ke dalam air akan dibiaskan karena mengalami perubahan kecepatan rambat.

Dilansir dari BBC, cahaya yang merambat dari udara ke media yang lebih padat seperti air akan dibiaskan menuju garis normal.

Cahaya yang dibiaskan menuju garis normal inilah yang membuat kolam terlihat dangkal. Karena, bayangan titik dasar kolam yang terlihat bukanlah titik dalam sebenarnya.

Melainkan, bayangan titik dasar kolam yang telah dibiaskan mendekati garis normal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com