Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Gaya Kepemimpinan terhadap Komunikasi Organisasi

Kompas.com - 14/12/2023, 06:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gaya kepemimpinan adalah ciri yang digunakan seorang pemimpin untuk memengaruhi bawahan supaya tercapainya sasaran organisasi.

Selain itu, gaya kepemimpinan dapat juga dikatakan sebagai pola perilaku dan strategi yang disukai dan sering diterapkan oleh seorang pemimpin.

Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan dalam sebuah organisasi?

Gaya kepemimpinan dapat memberikan pengaruh atau dampak yang positif maupun negatif terhadap komunikasi organisasi.

Dampak positif gaya kepemimpinan 

Beberapa gaya kepemimpinan yang berdampak positif terhadap komunikasi organisasi yaitu:

Gaya kepemimpinan transformasional melibatkan pemimpin yang dapat memotivasi, menginspirasi, dan menggerakkan anggotanya untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, dengan menggunakan gaya kepemimpinan transformasional, seorang pemimpin menciptakan iklim komunikasi yang terbuka dan memberikan arti yang jelas terkait dengan visi organisasi.

Baca juga: Kepemimpinan Transformasional: Pengertian dan Dimensi

Gaya kepemimpinan demokratis melibatkan partisipasi aktif dari anggotanya dalam mengambil keputusan.

Dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, seorang pemimpin memberikan kesempatan kepada anggota tim untuk berkontribusi, memberikan masukan, dan berbagi perspektif setiap anggota.

  • Gaya kepemimpinan kolaboratif

Gaya kepemimpinan kolaboratif mendorong kerja tim yang saling mendukung dan bekerja bersama demi mencapai tujuan organisasi.

Pemimpin yang menggunakan gaya kepemimpinan kolaboratif memfasilitasi kolaborasi, mempromosikan pembagian informasi, serta mendorong tim untuk saling berkomunikasi dengan terbuka.

  • Gaya kepemimpinan inklusif

Gaya kepemimpinan inklusif menghargai keragaman serta mempromosikan keterlibatan seluruh anggota tim.

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan iklusif menciptakan lingkungan di mana setiap individu merasa didengarkan, dihargai, serta mempunyai kesempatan yang sama untuk berkolaborasi.

Gaya kepemimpinan yang berdampak positif terhadap komunikasi organisasi melibatkan pemberian kepercayaan kepada anggota tim, pembukaan saluran komunikasi yang efektif, dan pembangunan hubungan yang kuat.

Dengan mengadopsi gaya kepemimpinan yang telah disebutkan sebelumnya, maka akan memberikan dampak positif terhadap komunikasi organisasi yang berupa komunikasi organisasi dapat menjadi lebih terbuka, produktif, dan inklusif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com