Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Karakteristik User Interface yang Baik

Kompas.com - 14/10/2023, 09:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Interaksi manusia dan komputer atau Human Computer Interaction (HCI) adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem komputer.

Dalam menjembatani interaksi tersebut, ada suatu sistem yang menjadi penghubung antara keduanya, sistem tersebut adalah User Interface (UI).

Pengertian user interface

User interface (UI) adalah mekanisme penerimaan informasi dari pengguna atau user dan memberikan sebuah informasi kembali kepada pengguna, untuk membantu dalam mengarahkan alur penelusuran masalah sampai mendapat hasil penyelesaian.

UI sendiri merupakan bagian dari komputer dan perangkat lunak yang mengatur tampilan antarmuka untuk penggunanya dan memfasilitasi interaksi antara pengguna dengan sistem.

UI juga bisa diartikan sebagai hasil akhir dari user experience (UX) yang dapat dilihat. UI merupakan salah satu bagian penting dalam perancangan aplikasi dan sangat berpengaruh terhadap minat pengguna dalam menggunakannya.

Tujuan utama dari perancangan UI adalah untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna ketika menggunakan aplikasi yang telah dirancang.

Baca juga: Pengertian Smart Sensor dan Human Machine Interface

Fungsi user interface

Fungsi utama dari UI adalah sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem operasi untuk dapat mengoperasikan komputer tersebut.

UI banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan, bahkan kini banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menciptakan UI yang mumpuni.

Adapun fungsi UI bagi perusahaan, antara lain:

  • Meningkatkan penjualan dan income perusahaan
  • Membantu mempercepat progres pertumbuhan bisnis
  • Memberikan struktur informasi yang jelas dan mumpuni
  • Meningkatkan kualitas estetika di dalam situs atau aplikasi
  • Mendukung fungsionalitas situs secara efektif

Baca juga: 90 Contoh Perangkat Lunak Aplikasi

Karakteristik user interface yang baik

User interface yang baik tentu dapat mewujudkan harapan dan kenyamanan penggunanya, oleh karena itu dalam perancangannya harus mempertimbangkan berbagai aspek.

Lantas, bagaimanakah sebuah user interface di nyatakan baik?

Membuat user interface yang baik dimulai dengan mengetahui karakteristik-karakteristik berikut ini:

  • Jelas

Berdasarkan tujuannya, UI dirancang untuk memudahkan user dalam memahami informasi yang disajikan. Oleh sebab itu, desain UI harus dibuat dengan jelas sehingga pengguna dapat mengeksplorasi sistem dengan lancar.

Selain itu, desain yang dibuat pun harus konsisten sebab hal tersebut dapat membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakannya.

Baca juga: Mengenal Aplikasi-Aplikasi Internet

  • Sederhana

User interface yang baik adalah user interface yang baik tidak memerlukan banyak elemen desain, sebab jika terlalu banyak atau berlebihan maka akan membingungkan penggunanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com