Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumber Informasi Peluang Usaha: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Kompas.com - 12/10/2023, 01:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu faktor keberhasilan seorang wirausaha adalah kemampuannya dalam memanfaatkan peluang secara kreatif dan inovatif. 

Oleh sebab itu, seorang wirausaha harus pandai dalam mencari sumber-sumber informasi terkait peluang usaha. 

Berikut penjelasan mengenai sumber informasi peluang usaha, manfaat, beserta jenis-jenisnya:

Baca juga: Definisi Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian sumber informasi peluang usaha

Sumber informasi peluang usaha adalah sekumpulan data yang memuat ide, inspirasi, atau potensi terkait peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh wirausaha.

Secara sederhana, peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai dengan menggunakan sumber daya yang miliki.

Ide dan peluang yang didapatkan dari sumber informasi tersebut pun harus disaring dan dinilai untuk kelayakannya setelah ide dan peluang diidentifikasi atau dihasilkan.

Baca juga: Peluang Usaha: Pengertian dan Contohnya

Manfaat sumber informasi peluang usaha

Sumber informasi peluang usaha memuat data-data atau informasi terkait usaha-usaha yang berpotensi sehingga memberi kemudahan bagi para wirausaha dalam mencari  dan menemukan ide bisnis.

Adapun manfaat dari sumber informasi peluang usaha, antara lain: 

  • Menyediakan berbagai informasi terkait peluang usaha.
  • Menggali dan menemukan informasi peluang usaha dari berbagai sumber.
  • Memberikan kesempatan para wirausahawan untuk mengembangkan produk atau jasanya.
  • Memberi referensi bisnis yang berpotensi
  • Mengidentifikasi adanya tren bisnis terbaru
  • Mengidentifikasi permintaan pasar

Baca juga: 10 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik

Jenis-jenis sumber informasi peluang usaha

Untuk menemukan peluang usaha yang prospektif seharusnya pelaku bisnis senantiasa mencari informasi yang terkait dengan perubahan lingkungan dan kebutuhannya.

Peluang usaha dapat diperoleh dari berbagai sumber, mulai dari sumber yang umum atau bahkan dari instansi atau lembaga pemerintah.

Adapun sumber-sumber informasi peluang usaha dapat diperoleh dari:

  • Media massa

Surat kabar, radio, televisi, majalah, dan sebagainya merupakan media massa sebagai sumber informasi, ide, bahkan peluang yang besar. Dengan perkembangan teknologi informasi yang cepat, media massa menyediakan informasi terkait peluang bisnis bagi khalayak umum.

  • Pameran

Salah satu sumber untuk menemukan ide dari suatu bisnis adalah dengan menghadiri pameran misalnya pameran perdagangan. Selain menemukan produk dan jasa baru, melalui pameran juga wirausaha dapat bertemu dan menjalin relasi bisnis dengan banyak orang.

Baca juga: Inovasi dalam Wirausaha: Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Manfaat

  • Internet

Perkembangan teknologi informasi yang pesat pun memberi pengaruh yang penting bagi dunia bisnis. Melalui internet dengan bantuan mesin pencari Google segala informasi dapat diperoleh dan dimanfaatkan untuk mencari peluang usaha.

  • Seminar

Seminar juga menjadi salah satu sumber informasi dalam memperoleh peluang usaha, di mana biasanya seminar dihadiri oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, sehingga dapat menjadi referensi atau sumber inspirasi bagi para wirausaha.

  • Survei

Melalui survei, segala kebutuhan dan keinginan dari pelanggan, alasan pemilihan produk atau jasa oleh pelanggan, serta permintaan pasar dapat diketahui dengan jelas. Survei sendiri dapat dilakukan dengan cara berbincang atau mewawancarai target calon konsumen.

  • Brainstorming 

Brainstorming adalah suatu teknik pemecahan masalah yang kreatif selain untuk menghasilkan ide. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin ide. Hal ini biasanya mulai dengan suatu pertanyaan atau pernyataan masalah.

  • Komunitas bisnis

Suatu komunitas merupakan wadah yang berisi sekumpulan orang-orang dengan visi, misi, serta tujuan yang sama. Dalam komunitas bisnis terjalin adanya interaksi antar anggota yang saling memberi informasi atau referensi, sehingga banyak informasi yang akan didapatkan.

Baca juga: Sikap dan Perilaku yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

 

Referensi:

  • Anang Firmansyah dan Anita Roosmawarni. 2019. Kewirausahaan (Dasar dan Konsep). Surabaya: Qiara Media.
  • La Ode Syarfan. 2023. Dasar-dasar Kewirausahaan. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
  • Moh Alifudin dan Mashur Razak. 2015. Kewirausahaan: Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. Jakarta: Magna Script Publishing.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com