Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Jenis Senam Lantai

Kompas.com - 03/10/2023, 01:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Senam adalah bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Salah satu jenis dari rumpun senam adalah senam lantai. Lalu, apa pengertian senam lantai?

Nah, berikut penjelasan mengenai pengertian senam lantai beserta jenis-jenisnya.

Baca juga: Senam: Sejarah, Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenis

Pengertian senam lantai

Senam lantai adalah suatu latihan fisik dengan susunan gerakan-gerakan yang sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Sesuai dengan namanya yakni ‘senam lantai’, maka gerakan-gerakan atau bentuk pembelajarannya dilakukan di lantai dengan menggunakan matras.

Karena gerakannya dilakukan di lantai, maka penggunaan matras dalam senam lantai berfungsi untuk mengurangi cedera saat melakukan senam lantai. 

Senam lantai dilakukan di atas area seluas 12×12 m dan dikelilingi matras selebar 1 meter untuk menjamin keamanan pesenam dan meminimalisir cedera.

Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ringan, sedang, berat, dan akrobatik, serta mengandung gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan, dan lain-lain.

Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Ukuran Tempat, Tujuan, dan Teknik

Jenis gerak dalam senam lantai

Senam lantai memiliki jenis gerakan yang beragam, di mana setiap jenis gerakan tersebut memiliki manfaatnya masing-masing.

Adapun jenis-jenis gerakan dalam senam lantai antara lain:

Ilustrasi gerakan sikap lilin. (Sumber gambar: Tangkapan layar e-book Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan)Kemendikbud Ilustrasi gerakan sikap lilin. (Sumber gambar: Tangkapan layar e-book Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan)

Sikap lilin

Sikap lilin pada senam lantai adalah gerakan dengan kaki yang tegak berada di atas sementara kepala berada dibawah sehingga akan berbentuk menyerupai lilin.

Tujuan dari sikap lilin adalah untuk melatih keseimbangan tubuh serta menjaga tubuh agar tetap sehat. 

Ilustrasi gerakan headstand pada senam lantaikemdikbud Ilustrasi gerakan headstand pada senam lantai

Headstand

Berdiri dengan menggunakan kepala (Head Stand) adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kepala dan kedua tangan dengan siku-siku ditekuk dan telapak tangan sebagai tumpuannya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan headstand adalah harus dilakukan di atas landasan atau alas yang keras, misalnya lantai. Hal tersebut akan memudahkan untuk bertumpu dengan seimbang.

Seorang instruktur memeragakan gerakan handstand di pusat kebugaran KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Seorang instruktur memeragakan gerakan handstand di pusat kebugaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com