Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Cara Hewan Bergerak

Kompas.com - 25/09/2023, 21:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comBinatang Gajah bergerak dengan cara berjalan. Namun, tidak semua hewan bergerak dengan cara berjalan. Dengan cara apa saja hewan bergerak? Macam-macam cara hewan bergerak adalah berjalan, melata, merayap, berenang, terbang, dan melompat. 

Berjalan

Cara hewan bergerak yang pertama adalah berjalan. Di mana hewan menggunakan dua atau empat kakinya untuk berjalan.

Ada hewan yang berjaan secara terus-menerus, ada juga yang menggunakan cara lain. misalnya, hewan tersebut dapat berjalan dan juga berenang atau dapat berjalan dan terbang.

Contoh hewan yang bergerak dengan cara berjalan adalah beruang, kanguru, orangutan, cheetah, singa, anjing, harimau, burung unta, burung emu, penguin, dan walabi.

Baca juga: Alat Gerak Hewan dan Fungsinya

Melata

Melata adalah cara bergerak hewan yang tidak memiliki kaki. Di mana hewan menggunakan perut atau badannya untuk bergerak di atas tanah.

Contoh hewan yang melata adalah ular, siput, cacing, dan lintah.

Merayap

Merayap adalah cara bergerak hewan yang memiliki kaki, namun berjalan dengan perut yang hampir menempel dengan tanah. Merayap dapat disebut juga sebagai merangkak.

Contoh hewan yang bergerak dengan cara merayap adalah penyu, kura-kura, katak, kodok, sepentes, buaya, dan aligator.

Baca juga: Hewan Melata: Ciri-ciri, Jenis, dan Contohnya

Terbang

Terbang adalah cara bergerak hewan yang memiliki sayap. Sayap hewan yang biasa terbang biasanya berukuran besar dan dapat menahan berat tubuhnya.

Contoh hewan yang bergerak dengan cara terbang adalah kelelawar, berbagai jenis serangga dan burung.

Berenang

Berenang adalah cara bergerak hewan yang hidup di lingkungan akuatik. Hewan yang bergerak dengan cara berenang memiliki alat renang berupa sirip, kaki berselaput, dan juga ekor.

Contoh hewan yang bergerak dengan  cara berenang adalah hiu, ikan, paus, lumba-lumba, buaya, penguin, singa laut, anjing laut, dan ubur-ubur.

Baca juga: Hewan Mamalia yang Menggunakan Sirip untuk Berenang

Melompat

Melompat adalah cara hewan bergerak dengan menolakkan kakinya ke tanah. Hewan yang suka melompat biasanya dapat juga berjalan.

Contoh hewan yang bergerak dengan cara melompat adalah kanguru, jangkrik, kutu, burung pipit, kelinci, dan belalang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com