Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Jauh Kutu Bisa Melompat?

Kompas.com - 22/09/2023, 20:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comKutu adalah serangga kecil yang kerap menjadi parasite pada makhluk hidup lainnya. Kutu dikenal dapat melompat. Namun, tahukah kamu seberapa jauh kutu bisa melompat? Berikut adalah penjelasannya!

Kutu dapat melompat ke depan sejauh kurang lebih 20 sentimeter dan ke atas sejauh lebih dari 30 sentimeter.

Kemampuan melompat yang jauh dan tinggi membuat kutu dapat melompat sekitar 100 hingga 200 kali panjang tubuhnya.

Baca juga: Simbiosis Mutualisme antara Semut dan Kutu Daun

Jika kutu memiliki tubuh seukuran manusia, maka mereka dapat melompat sejauh 70 meter dan mencapai ketinggian sekitar 130 meter.

Hal tersebut membuat kutu memiliki kemampuan melompat yang luar biasa. Kemampuan tersebut tentu bukan berasal dari sayap kutu.

Cara kutu melompat

Lantas, bagaimana kutu bisa melompat?

Dilansir dari Science Daily, pada tahun 1967 seorang ilmuan bernama Henry Bennet-Clark menemukan bahwa kutu menyimpan energi yang dibutuhkan untuk melontarkan dirinya ke udara dalam bantalan yang terbuat dari protein yang unik.

Baca juga: Kenapa Ikan Paus Melompat dari Laut?

Dilansir dari Discover Wildlife, kutu memiliki dua blok resilin atau protein seperti pegas yang kenyal pada dadanya. Resilin memiliki sifat yang unik karena dapat menyimpan energi.

Ketika akan melompat, kutu akan melipat kaki belakangnya. Kaki kutu kemudian berkontraksi dan menarik tendon, sehingga resilin tertekan.

Pada saat itu, energi potensial akan disimpan oleh resilin. Kutu juga memiliki cara agar energi yang disimpan tersebut tidak bocor sebelum mereka melompat.

Dilansir dari AZ Animals, setelah kutu memutuskan untuk melompat maka sati otot tertentu berkontraksi dengan kuat dan menarik tendon yang terletak di dasar kakinya.

Hal tersebut menyebabkan energi terlepas dari resilin, sehingga kutu dapat melopat dalam jarak yang jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com