Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Descriptive Text Traditional Music of Bangka Belitung dan Terjemahannya

Kompas.com - 24/08/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ervina, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com Descriptive text adalah teks yang menggambarkan baik berupa benda, orang, hewan, atau tempat secara rinci, sesuai dengan karakteristik atau ciri-cirinya. 

Untuk lebih jelaskan berikut salah satu contoh teks deskripsi dalam bahasa Inggris tentang musik tradisional Bangka Belitung dan terjemahannya: 

Traditional Music of Bangka Belitung

 

Bangka Belitung Province is located on the island of Bangka, of which the northern part of this province is the South China Sea, the southern part is the Java Sea and Kalimantan Island in the eastern part which is separated from Belitung by the Karimata Strait.

The majority of the people of Bangka Belitung consist of various ethnicities, such as the Bugis, Minangkabau, Javanese, Banjar, Bawean Islands, Aceh and several other tribes that had already merged, while the Chinese, Khek and Hokkien ethnicities, with their local language Malay, to traditional music are very thick. with Malay culture.

Traditional Bangka is also famous for its music and culture which is still very strong. One of Bangka Belitung's musical instruments is the Dambus, which is similar to a guitar but has different characteristics and sounds from today's guitars.

The Dambus musical instrument is also usually used to accompany dances and songs that are typical of Bangka Belitung, such as the Sebalai Serumpun dance and song.

Baca juga: Contoh Descriptive Text tentang My First Guitar dan Terjemahannya

Terjemahan

Musik Tradisional Bangka Belitung

 

Provinsi Bangka Belitung terletak di pulau Bangka, yang bagian utara provinsi ini terdapat Laut Tiongkok Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Belitung oleh Selat Karimata.

Mayoritas masyarakat Bangka Belitung terdiri dari berbagai etnis, seperti Bugis, Minangkabau, Jawa, Banjar, Kepulauan Bawean, Aceh dan beberapa suku lain yang sudah lebih dulu melebur, sedangkan tionghoa etnis Khek dan Hokkian, dengan bahasa daerahnya melayu, hingga musik tradisional sangat kental sekali dengan budaya melayu-nya.

Bangka tradisional juga terkenal dengan alunan musik dan budaya yang masih sangat kental. Salah satu alat musik Bangka Belitung adalah Dambus, yang mirip seperti gitar tapi memiliki karakteristik dan bunyi yang berbeda dengan gitar masa kini.

Alat musik Dambus juga biasanya dipakai untuk mengiringi tarian-tarian dan nyanyian-nyanyian  khas Bangka Belitung, seperti tarian dan nyanyian Serumpun Sebalai.

Baca juga: Contoh Descriptive Text tentang Playground dan Terjemahannya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com