Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Kompas.com - 17/07/2023, 21:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang luas dengan ribuan pulau di dalamnya dan terdiri atas 34 provinsi.

Hal ini berpengaruh terhadap banyaknya keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Dilansir dari buku All New Target Nilai 100 Ulangan Harian SMP Kelas VIII (2018) oleh Tim Guru Eduka, keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang, seperti suku bangsa, ras, agama, keyakinan, sosial budaya, ekonomi, dan jenis kelamin.

Baca juga: 5 Penyebab Keberagaman Masyarakat di Indonesia

Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia

Dikutip dari buku New Edition Pocket Book IPS & PKN SMP Kelas VII, VIII & IX (2017) oleh Shiva Devy, secara umum, faktor-faktor yang memengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:

Letak strategis wilayah Indonesia

Indonesia secara geografis diapit oleh dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia. Indonesia juga diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Pasifik.

Kondisi ini menyebabkan Indonesia memiliki letak srategis karena berada pada posisi silang dan berbatasan dengan banyak negara.

Wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional yang ramai.

Pedagang dari bangsa-bangsa lain yang berbeda ras berdatangan ke Indonesia. Selain komoditas dagang, mereka juga membawa serta kebudayaan bangsanya.

Kebudayaan bangsa asing tersebut bisa memengaruhi masyarakat Indonesia karena banyak di antara pedagang asing yang menetap di Indonesia.

Baca juga: Manfaat Kedamaian dalam Keberagaman 

Kondisi negara kepulauan

Kondisi sebagai negara kepulauan mengakibatkan terhambatnya hubungan antarmasyarakat dari pulau-pulau yang berbeda.

Karena hambatan jarak dan lautan, menjadikan masyarakat mengembangkan kebiasaan, adat istiadat, dan budaya masing-masing.

Masyarakat mengembangkannya sesuai tingkat kemajuan dan keadaan lingkungannya. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan-perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, sistem kepercayaan, agama, serta peranan laki-laki dan perempuan.

Baca juga: Melihat Keberagaman Budaya di Indonesia

Perbedaan kondisi alam

Perbedaan kondisi alam suatu daerah, berdampak pada perbedaan-perbedaan yang lain, seperti mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, bentuk rumah, kebiasaan, dan kepercayaan masyarakat.

Masyarakat di daerah pegunungan umumnya bermata pencaharian sebagai petani, masyarakat pantai hidup sebagai nelayan, dan masyarakat daerah yang lain hidup dengan berdagang.

Keadaan transportasi dan komunikasi

Pada zaman dulu belum ada sarana dan prasarana komunikasi seperti saat ini.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com