Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Kantor: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 02/05/2023, 06:00 WIB
Anggita Sukmawati,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Perkembangan teknologi yang pesat membuat perusahaan pemerintah atau pun swasta mengandalkan teknologi mesin kantor untuk memudahkan aktivitasnya.

Mesin-mesin tersebut dinilai dapat mempercepat kinerja manusia, nyatanya beberapa mesin tetap membutuhkan manusia dalam hal perawatan dan perbaikan jika terjadi kerusakan.

Berikut ini kita akan mempelajari pengertian dan jenis-jenis mesin kantor, yaitu:

Pengertian mesin kantor menurut ahli

Mesin kantor adalah salah satu alat penunjang sarana yang dapat mendukung produktivitas kantor karena penggunaannya yang mudah dan efisien.

Namun, kecanggihan mesin kantor harus tetap diimbangi dengan sumber daya manusia yang baik.

Mesin kantor adalah seluruh peralatan kantor yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, baik secara mekanis, elektris, maupun elektronik.

Baca juga: Jenis-jenis Peralatan Mesin Stasioner

Adapun pengertian mesin kantor menurut para ahli, seperti:

  • The Liang Gie

Menurut The Liang Gie, mesin kantor adalah seluruh alat yang digunakan untuk mencatat, mengirim, menggandakan, dan mengolah bahan yang bekerja secara mekanis, elektris, magnetis atau secara kimiawi.

  • Wursanto

Menurut Wursanto, mesin kantor merupakan seluruh peralatan yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah menggandakan, atau mengirim keterangan yang dibutuhkan oleh suatu lembaga sehingga mampu memperlancar aktivitas kantor.

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa mesin kantor adalah seluruh alat yang digunakan untuk mencatat, mengirim, menggandakan, dan mengolah bahan secara mekanis, elektris, magnetis, dan secara kimiawi dengan tujuan memperlancar dan memudahkan aktivitas perkantoran.

Jenis-jenis mesin kantor

Mesin kantor memiliki jenis yang amat beragam. Hampir setiap ruangan di lingkungan perusahaan atau perkantoran dilengkapi dengan mesin di dalamnya.

Hal ini menunjukkan bahwa dalam lingkungan perusahaan atau perkantoran, mesin kantor memegang peranan penting sesuai fungsinya masing-masing.

Menurut Sedarmayanti, mesin kantor dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Sosok Christopher Latham Sholes, Bapak Mesin Ketik

Mesin ini merupakan mesin untuk menghemat fisik, tenaga dan pikiran manusia. Contohnya adalah alat-alat berat, seperti forklift pada unit-unit pergudangan dan depo-depo peralatan atau bangunan.

Komputer, laptop, dan kalkulator yang digunakan pada pekerjaan-pekerjaan administratif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com