Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permainan Kippers: Teknik dan Cara Bermainnya

Kompas.com - 09/02/2023, 22:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Permainan kippers merupakan permainan bola kecil yang mirip dengan kasti. Bentuk lapangan maupun peraturan permainan hampir sama.

Permainan kippers adalah permainan olahraga beregu dengan satu bola kecil. Biasanya menggunakan bola tenis dan satu alat pemukul. Lapangan kippers berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 60 meter dan lebar 30 meter. Terdapat dua buah tiang hinggap dan tidak memiliki tiang pertolongan.

Teknik dasar permainan kippers

Ada beberapa teknik dasar permainan kippers, yaitu teknik melambungkan bola, memukul bola, melempar bola, menangkap bola, dan lari cepat. Berikut penjelasannya:

Teknik melambungkan bola

Dalam memegang bola dapat dilakukan dengan cara meletakkan bola di telapak tangan membentuk cekungan. Kemudian jari-jari dirapatkan kecuali ibu jari yang agak renggang. Dengan demikian, antara bola dan telapak tangan masih ada ruang. Dalam permainan ini, yang melambungkan bola adalah pemukul bola itu sendiri.

Baca juga: Bola Kasti: Sejarah, Aturan Permainan, dan Ukuran Lapangannya

Teknik memukul bola

Awalnya, posisi tangan untuk memegang kayu pemukul dilakukan seperti sikap berjabat tangan. Lalu, posisi ketiga jari, yaitu jari tengah, jari manis, dan kelingking saling merapat, sedangkan letak jari telunjuk agak jauh dan ibu jari berada di atas secara wajar.

Pada saat memukul bola, tangan kiri memegang bola, sedangkan tangan kanan seolah-olah memegang kayu pemukul. Bola dilambungkan tegak lurus ke atas, tidak terlalu tinggi. 

Pada saat bola akan jatuh tepat berada di depan dada langsung dipukul dengan tangan kanan. Apabila sudah terbiasa memukul bola dengan tangan, kembangkan latihan dengan menggunakan alat pemukul yang digunakan dalam permainan kippers.

Teknik melempar bola

Pada teknik melempar bola, perlu diperhatikan cara memegang dan melempar bola, sebagai berikut:

  • Cara memegang bola

Cara memegang bola dilakukan dengan meletakkan bola pada pangkal ruas jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan ibu jari.

  • Cara melempar bola

Pada saat melempar bola, berdiri menghadap ke arah sasaran, dan posisi kedua kaki terbuka. Kaki kiri berada di depan kaki kanan, tangan kanan lurus ke belakang memegang bola. Badan condong ke belakang.

Berat badan berada di kaki kanan dengan menekuk sedikit kedua lutut. Pandangan ke arah sasaran dengan mengacungkan tangan kiri ke depan.

Ayunkan tangan kanan ke depan dengan kuat. Lutut kaki kanan diluruskan bersamaan dengan badan dan pinggang diputar ke arah depan menuju arah sasaran. Bola dilepaskan dengan diikuti lecutan pergelangan tangan.

Baca juga: Permainan Sepak Bola

Teknik menangkap bola

Pada teknik menangkap bola, yang harus diperhatikan arah datangnya. Bola yang datang bisa dalam keadaan melambung, datar, rendah, dan bisa juga bergulir di tanah. Ada empat teknik menangkap bola, yaitu:

  • Bola melambung tinggi

Teknik menangkap bola dapat dilakukan dengan berbagai cara disesuaikan dengan posisi bola. Kedua tangan sejajar lurus ke atas, agak ke depan sesuai arah datangnya bola.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com