Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Selebaran Bersifat Persuasif?

Kompas.com - 30/12/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Selebaran merupakan media promosi dan penyampaian informasi tertulis, selain brosur, poster, dan pamflet.

Dikutip dari Buku Ajar Gizi dan Diet (2022) oleh Elisabeth Wahyi Savitri, selebaran adalah bentuk informasi berupa kalimat atau kombinasi gambar dengan kata-kata.

Salah satu fungsi selebaran adalah menginformasikan dan atau mempromosikan suatu produk kepada masyarakat luas.

Oleh karena itu, media tertulis ini harus disajikan secara persuasif. Agar mampu menarik minat juga membujuk masyarakat untuk menggunakan produk.

Alasan selebaran bersifat persuasif

Menurut Endang Fatmawati dalam buku Layanan Perpustakaan Sekolah (2021), persuasif artinya informasi yang disampaikan mampu membujuk atau memengaruhi orang lain.

Tak sampai di situ, persuasif juga berarti pesan atau informasi yang dipaparkan mampu mengubah sikap, pendapat, pemikiran, maupun keyakinan orang lain.

Baca juga: Poster: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Adapun ciri selebaran di antaranya bersifat persuasif, artinya pesan yang disampaikan dalam selebaran harus mampu membujuk orang lain.

Selain itu, selebaran yang bersifat persuasif juga dimaksudkan untuk memengaruhi bahkan mengubah sikap, pendapat, pemikiran, serta keyakinan seseorang.

Misal, selebaran penawaran jasa pembersih rumah. Tentunya selebaran itu dibuat sepersuasif mungkin agar menarik minat orang lain.

Tujuannya agar mereka yang membaca selebaran tersebut, tertarik, dan akhirnya menggunakan jasa pembersih rumah tersebut.

Selain persuasif, selebaran juga sebaiknya bersifat informatif. Artinya pesan yang disampaikan seharusnya penting dan bermanfaat.

Bisa disimpulkan bahwa alasan mengapa selebaran bersifat persuasif karena ditujukan untuk membujuk dan memengaruhi orang lain.

Baca juga: Kalimat Persuasif: Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com