Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Menghadapi Globalisasi Transportasi

Kompas.com - 01/11/2022, 17:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Transportasi adalah alat yang digunakan untuk memindahkan barang atau manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Transportasi dibutuhkan dalam kegiatan perekonomian seperti produsen, distributor, dan konsumen.  

Tujuan adanya transportasi ialah untuk mempercepat gerak atau perpindahan manusia ke tempat lainnya, memudahkan aktivitas manusia, dan mempersingkat waktu sehingga efisien.

Globalisasi di bidang transportasi telah membawa pengaruh yang sangat besar dalam pemilihan alat transportasi. Alat transportasi yang modern dan cepat dalam membantu mobilitas manusia menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan alat transportasi. 

Sehingga alat transportasi lokal atau yang kurang modern menjadi tersisih. Untuk menjangkau tempat yang dekat saja terkadang mereka tetap memanfaatkan alat transportasi, padahal dapat dijangkau dengan jalan kaki.

Baca juga: Globalisasi Bidang IPTEK dan Upaya Menghadapinya

Lalu bagaimana cara menghadapi agar globalisasi di bidang transportasi lebih tepat dan efisien?  Berikut upaya menghadapi globalisasi transportasi, yaitu: 

  • Memanfaatkan alat transportasi sesuai dengan jarak dan waktunya
  • Menggunakan alat transportasi tidak berlebihan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan
  • Menjaga keberadaan alat transportasi lokal sebagai salah satu khas budaya
  • Memilih alat transportasi yang tepat sesuai jarak dan waktu yang dibutuhkan
  • Mempertahankan alat transportasi lokal
  • Meningkatkan teknologi transportasi agar tidak mencemari lingkungan
  • Jangan sombong apabila memiliki alat transportasi banyak. Yang terpenting bagaimana cara memanfaatkan alat transportasi itu untuk kepentingan orang banyak.
  • Tidak menyalahgunakan moda transportasi misalnya menggunakan sepeda motor sebagai balap liar. Tentu itu akan mengganggu kegiatan masyarakat dan istirahat mereka.
  • Memilih moda transportasi yang sesuai kantong
  • Jangan lupa terus jalan kaki. Walaupun sekarang moda transportasi mudah di dapat dan mudah dibeli, alangkah baiknya bila kalian pergi dalam jarak yang dekat, jalan kaki saja. Karena jalan kaki menyehatkan paru-paru dan membuat kita menjadi sehat. Selain itu jalan kaki membuat kualitas udara menjadi bersih, akibat berkurangnya gas karbon dioksida.
  • Merawat transportasi umum seperti menjaga kebersihan di dalam kereta, tidak membuang sampah di laut ketika naik kapal laut.

Baca juga: Globalisasi Bidang Budaya dan Upaya Menghadapinya

Upaya yang dilakukan dalam menghadapi globalisasi tersebut hanya bersifat mengantisipasi agar tidak terjadi pengaruh globalisasi yang negatif. Melalui upaya dan sikap yang tepat diharapkan dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com