Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinamika Penduduk Benua Asia

Kompas.com - 11/10/2022, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Benua Asia adalah benua terluas sekaligus benua terpadat penduduknya di duna. Simak dinamika penduduk Benua Asia berikut!

Pertumbuhan penduduk

Berdasarkan data Worldometers, pada tahun 2010 jumlah penduduk Asia mencapai 4.209.593.693 jiwa.

Jumlah tersebut bertambah menjadi 4.641.054.775 jiwa pada tahun 2022. Ini berarti penduduk Asia bertambah sekitar 431 juta jiwa dalam kurun waktu 10 tahun.

Baca juga: Karakteristik Benua Asia

Persebaran penduduk

Penduduk Asia tersebar tidak merata. Beberapa negara di Asia merupakan negara dengan penduduk terbesar di dunia, seperti Cina, India, dan Indonesia.

Wilayah dengan jumlah dan kepadatan penduduk tinggi terlihat di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Wilayah pedalaman Asia relatif lebih jarang penduduknya.

Komposisi penduduk

Dilihat dari komposisi berdasarkan usia, sebesar 25 % penduduk Asia berusia di bawah usia 15 tahun dan sebesar 8 % berusia 65 ke atas.

Penduduk Asia berusia antara 15 sampai 65 tahun sebesar 67 %. Ini berarti sebagian besar penduduk Asia tergolong usia produktif. Penduduk usia produktif adalah penduduk berusia antara 15 sampai 65 tahun.

Walaupun begitu, persebaran dan pertumbuhan-penduduknya tidak merata di setiap kawasan. Contoh, Yaman, Suriah, Arab Saudi, Laos, dan Yordania merupakan negara-negara dengan pertumbuhan tinggi, yaitu di atas 2,5%.

Kualitas penduduk

Penduduk Asia memiliki kualitas yang dapat dilihat dengan menggunakan ukuran Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Human Development Index (HDI) merupakan gabungan dari indikator angka harapan hidup sejak lahir (Life Expectancy at Birth), pendidikan, dan pendapatan per kapita.

Jika suatu negara memiliki skor HDI yang tinggi, maka penduduk negara tersebut menunjukkan angka harapan hidup yang lebih panjang, lama pendidikan yang lebih lama (rata-rata pendidikannya tinggi), dan pendapatan per kapita yang lebih tinggi.

Baca juga: Pembagian Region Benua Asia dan Benua Lainnya

Berdasarkan indikator HDI, kualitas penduduk Asia ternyata bervariasi. Sejumlah negara di Asia memiliki kualitas yang tinggi, sedangkan sebagian lainnya sedang dan rendah.

Jepang, Korea Selatan, Singapura, Brunei Darussalam, Cina dan Saudi Arabia masuk kelompok dengan kualitas penduduk atau HDI sangat tinggi. Negara-negara tersebut memiliki penduduk yang harapan hidupnya, pendidikan, dan pendapatan sangat tinggi.

Sedangkan, untuk Indonesia termasuk kategori sedang dan Nepal untuk kategori rendah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com