Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kandungan dalam Makanan Sehat

Kompas.com - 14/09/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Tiap hari kita makan dan minum untuk membentuk energi dalam tubuh. Tanpa keduanya, manusia tidak akan tumbuh dengan baik.

Bahkan, manusia akan sulit bergerak, beraktivitas hingga bernapas karena kekurangan asupan makan dan minum. 

Apa yang kita makan tentunya tidak boleh asal. Makanan yang sehat terdiri dari kandungan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, berbagai jenis vitamin dan mineral, serta air putih.

Berikut uraiannya:

Karbohidrat

Dengan energi, kita bisa beraktivitas sehari-hari. Salah satu sumber energi utama adalah karbohidrat. Bisa berasal dari nasi atau roti.

Roti gandum dan nasi merah menjadi pilihan yang lebih sehat, meski sumber karbohidrat bisa ditemukan dalam nasi, singkong, ubi, serta talas.

Baca juga: Mengapa Kita Butuh Makan?

Protein

Protein sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh, menjaga kesehatan, dan sebagai sumber energi lainnya.

Kandungan ini bisa diperoleh dari telur, ikan, daging, susu, keju, kacang almond, atau makanan yang terbuat dari kacang-kacangan, seperti rempeyek, kue nastar, martabak kacang, dan lain-lain.

Lemak

Tubuh juga butuh asupan lemak dalam menjaga struktur sel dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik, membantu meningkatkan imun, dan penyerapan vitamin.

Lemak tak hanya berasal dari hewan. Namun, bisa diperoleh dari tumbuhan atau lemak nabati. Misalnya biji bunga matahari, biji labu, dan lainnya.

Adapun manfaat lemak nabati, antara lain menurunkan kolesterol jahat, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mencegah risiko kanker prostat.

Baca juga: Benarkah Manusia Perlu Minum Susu Tiap Hari?

Vitamin dan mineral

Vitamin yang dibutuhkan manusia adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sementara mineral yang dibutuhkan, antara lain adalah kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium.

Keduanya sangat memabantu tubuh dalam menjalankan berbagai proses. Sumber vitamin dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan, seperti bayam, kol, apel, pear, mangga, semangka, pisang, dan sebagainya.

Air

Merupakan benda yang sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsi utama air adalah menghidrasi tubuh.

Selain air minum, kita juga bisa mendapat cairan dari makanan berkuah dan sayuran. Orang yang kekurangan air disebut dehidrasi. Dampak yang ditimbulkan tentunya sangat fatal.

Seseorang dapat kehilangan kesadaran jika tubuhnya kekurangan cairan. Oleh karena itu, kita harus rutin mengonsumsi air bersih, agar tubuh kita senantiasa sehat.

Baca juga: 5 Manfaat Air bagi Manusia, Hewan, dan Tanaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com