Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan: Ciri-cirinya serta Kehidupan di Berbagai Bidang

Kompas.com - 13/09/2022, 16:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Pada awal kehidupan, manusia bertahan dengan berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana. Pada masa ini, manusia hidup berdampingan bersama hewan dan tumbuhan secara terbuka dan bebas. 

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, mereka berburu hewan besar bertulang belakang, seperti rusa, babi, dan kerbau. Mereka juga mengumpulkan buah-buahan dan umbi-umbian, serta ikan. 

Kehidupan manusia pada masa ini masih sangat sederhana. Hal tersebut dapat dilihat dari kehidupan manusia yang hanya terpusat pada upaya mempertahankan diri di tengah alam yang penuh tantangan, dengan kemampuannya yang masih sangat terbatas.

Baca juga: Ciri-ciri Zaman Mesozoikum beserta Pembagiannya

Ciri-ciri manusia masa berburu dan mengumpulkan makanan  

Ciri-ciri masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, antara lain:

  • Masyarakatnya bersifat nomaden. Mereka hidup mengembara, pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain.
  • Hidup dalam kelompok-kelompok kecil
  • Memenuhi kebutuhan dengan berburu dan mengumpulkan makanan yang ada di sekitar. Kegiatan berburu yang dilakukan sebagai pemburu binatang dan penangkap ikan. Di samping itu, mereka juga mengumpulkan makanan, misalnya ubi-ubian, buah-buahan, dan daun-daunan. 
  • Peralatan yang digunakan masih bersifat kasar yang terbuat dari batu, kayu, dan tulang. 

Kehidupan di berbagai bidang 

Ilustrasi manusia purba Neanderthal yang membuat api dengan menggesekkan batu.Bridgeman Images/Wood Ronsaville Harlin Ilustrasi manusia purba Neanderthal yang membuat api dengan menggesekkan batu.

Berdasarkan ciri-ciri di atas, kehidupan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana di berbagai biang, sebagai berikut: 

Keadaan lingkungan

Untuk menghindari dari panas, hujan, dan bahaya hewan buas, manusia masa berburu dan mengumpulkan makanan akan tinggal di dalam gua atau membuat sarang di atas pohon.

Mereka juga akan mencari lokasi yang dekat dengan aliran sungai, di tepi danau, atau pantai. Manusia pada masa ini mendapatkan bahan makanan secara langsung dari alam, baik dengan berburu maupun mengambil hasil alam. 

Baca juga: Kehidupan Zaman Praaksara

Kehidupan ekonomi

Kehidupan manusia pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana masih sangat bergantung pada alam.

Kebutuhan makanan dipenuhi dengan cara berburu hewan dan mengumpulkan umbi-umbian, buah-buahan serta dedaunan yang ditemukan di sekitar lingkungan mereka.

Jika sumber makanan di sekitar tempat mereka menipis atau sudah habis, mereka berpindah ke tempat lain.

Kehidupan sosial

Pada masa ini manusia menjalankan kehidupannya dengan berpindah-pindah atau tidak menetap. Manusia pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana hidup secara berkelompok yang tersusun dari keluarga-keluarga kecil.

Anggota kelompok laki-laki melakukan perburuan, sementara kelompok perempuan mengumpulkan makanan dari tumbuh-tumbuhan serta hewan-hewan kecil. 

Baca juga: Peninggalan Zaman Praaksara

Kehidupan budaya

Pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, mereka sudah mengenal api dalam kehidupan sehari-hari. Api menjadi hal penting bagi masa ini, karena digunakan untuk meramu makanan, pencahayaan di malam hari, dan mengembangkan teknologi. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com