Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Kompas.com - 24/06/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kerajinan adalah barang yang dihasilkan dari keterampilan tangan untuk memenuhi nilai estetika dan/atau kegunaan.

Bahan pembuatan kerajinan bisa berasal dari bahan keras, seperti kayu dan batu, serta bahan lunak, seperti tanah liat dan plastik.

Dikutip dari jurnal Perancangan Program Ekowisata Kerajinan Tangan Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (2020) karya Kania Sofiantina Rahayu dan Aninda Shafa Salsabila Putri, kerajinan bahan lunak adalah barang yang dihasilkan dari material bersifat lunak.

Material tersebut bisa berasal dari bahan alami, seperti serat alam, tanah liat, dan kulit hewan, maupun buatan, misalnya bubur koran, sabun, dan lilin.

Sebutkan dan jelaskan fungsi produk kerajinan dari bahan lunak

Pada dasarnya, semua kerajinan, termasuk bahan lunak, memiliki dua fungsi utama, yakni fungsi keindahan (estetika) dan kegunaan (pakai).

Baca juga: Kerajinan Bahan Lunak: Definisi, Jenis, dan Contohnya 

Berikut penjelasannya:

Fungsi keindahan

Dilansir dari buku Ayo Membuat Kerajinan Tekstil (2022) oleh Moch Ricky Fachrizal, fungsi keindahan pada kerajinan diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan nilai ekonomisnya.

Nilai estetika pada kerajinan bisa dilihat dari aspek warna dan komposisi. Sementara dari segi bentuknya, nilai keindahan ini berkaitan dengan bentuk dua dimensi atau tiga dimensi.

Kerajinan yang memenuhi fungsi keindahan ini lebih sering dijadikan pajangan atau hiasan untuk mempercantik ruangan.

Contohnya patung dari tanah liat atau bubur koran.

Fungsi pakai

Fungsi produk dari kerajinan bahan lunak ini berarti hasil kerajinan bisa dipakai untuk berbagai hal.

Baca juga: Contoh-contoh Kerajinan Bahan Keras Alam dan Buatan 

Dalam buku Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah Berbasis Rumah Tangga (2020) karangan Yadi Hartono dkk, fungsi pakai kerajinan meliputi segala bentuk kerajinan yang bisa dipakai sebagai alat atau wadah.

Fungsi pakai kerajinan ini dapat membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, di mana fungsi keindahan hanya sebagai pendukung saja.

Contohnya gelas dan tempat sendok dari tanah liat.

Selain itu, fungsi produk dari kerajinan bahan lunak lainnya adalah ekonomi. Maksudnya bahan kerajinan bisa dibuat dan dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com