Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron

Kompas.com - 26/04/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi daring atau proses penyampaian dan penerimaan pesan melalui internet, dibedakan menjadi dua, yakni komunikasi sinkron serta asinkron.

Jenis komunikasi sinkron memungkinkan adanya interaksi langsung antara pengirim dan penerima pesan. Sementara dalam komunikasi asinkron, proses interaksinya tertunda atau tidak langsung.

Contoh komunikasi daring sinkron

Salah satu contoh komunikasi sinkron adalah chatting dan video call.

Chatting

Menurut Lidia Simanihuruk, dkk dalam buku E-learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya (2019), chatting merupakan bentuk komunikasi tertulis.

Umumnya proses komunikasi ini dilakukan menggunakan media tertentu, seperti Short Message Service (SMS), Facebook Chat, WhatsApp, Line, dan sebagainya.

Baca juga: Perbedaan Komunikasi Sinkron dan Asinkron dalam Komunikasi Daring

Video call

Dilansir dari buku Monster Arduino: Implementasi Internet of Things pada Jaringan GPRS (2018) oleh Hari Santoso, video call merupakan contoh komunikasi sinkron, di mana pengirim dan penerima pesan sama-sama terhubung.

Jika salah satu pihak tidak ikut serta dalam video call, proses komunikasinya tidak akan terjadi. Misalnya si penerima pesan tidak mengangkat panggilan video.

Contoh komunikasi daring asinkron

Salah satu contoh komunikasi asinkron adalah mengirim berkas melalui e-mail dan mengunggah serta mengunduh berkas melalui teknologi cloud.

Mengirim berkas melalui email

Dikutip dari buku 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat (2020) karya Ridwan Sanjaya, mengirim berkas melalui e-mail merupakan contoh komunikasi asinkron, di mana sang pengirim dan penerima pesan tidak berinteraksi langsung.

Ketika mengirimkan berkas, penerima tidak harus langsung menanggapi isi pesannya.

Misal, seorang siswa mengirim tugas kepada gurunya melalui e-mail. Tentu sang guru tidak bisa langsung menanggapi isi pesannya, sebab ia harus membaca dan menilai isi tugas itu terlebih dahulu.

Baca juga: 9 Komponen Kewargaan Digital beserta Contohnya

Mengunggah dan mengunduh berkas melalui teknologi cloud

Cloud merupakan unit penyimpanan digital yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, mengakses, serta mengunduh file.

Contoh komunikasi asinkron ini tidak mengharuskan si pengunggah file sebagai pengirim pesan, dan pengunduh file sebagai penerima pesan, untuk berinteraksi secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com