Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode Observasi: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Kekurangannya

Kompas.com - 06/04/2022, 19:31 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Observasi sering juga disebut dengan pengamatan langsung. Observasi merupakan proses yang kompleks dan tersusun. 

Pengertian observasi 

Dikutip dari buku Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur (2020) oleh Muhammad Ilyas Ismail, observasi adalah salah satu teknik pengumpulan data yang sifatnya lebih spesifik dibanding teknik lainnya. 

Beberapa pengertian observasi menurut para ahli adalah sebagai berikut: 

  • Gibson, R.L. dan Mitchell. M. H. 

Observasi merupakan teknik yang digunakan sebagai seleksi derajat untuk menentukan sebuah keputusan serta konklusi terhadap orang yang sedang diamati.

  • Larry Christensen 

Observasi adalah cara untuk mendapatkan informasi penting mengenai orang, karena apa yang dikatakan belum tentu sesuai dengan yang dikerjakan. 

  • Creswell 

Observasi adalah proses pemerolehan data dari tangan pertama, dengan cara melakukan pengamatan orang serta lokasi dilakukannya penelitian. 

Baca juga: Metode Penelitian Sosiologi Menurut Soerjono Soekanto

  • Patton 

Observasi merupakan metode yang sifatnya akurat dan spesifik untuk mengumpulkan data dan mencari informasi mengenai segala kegiatan yang dijadikan obyek kajian penelitian. 

  • Sutrisno Hadi 

Obervasi merupakan sebuah proses yang sangat kompleks, terdiri atas berbagai macam proses, baik biologis maupun psikologis, yang mana lebih memprioritaskan proses ingatan serta pengamatan. 

  • Eko Putro Widyoko 

Observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap unsur-unsru yang tampak dalam suatu gejala pada obyek penelitian 

  • Sugiyono

Dikyutip dari buku Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif (2014), observasi yaitu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari pelbagai proses biologis dan psikologis. 

  • Riyanto 

Dalam bukunya Metodologi Penelitian Pendidikan (2010), dijelaskan bahwa observasi merupakan metode pengupulan data yang menggunakan pengamatan secara langsung maupun tidak langsung. 

Baca juga: Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Jenis-jenis observasi 

Jenis-jenis observasi, yaitu: 

  • Observasi partisipan 

Observasi di mana orang yang melakukan pengamatan berperan serta ikut ambil bagian dalam kehidupan orang yang diobservasi. 

  • Observasi non partisipan 

Observasi non partisipan bila pengamat tidak ikut ambil bagian kehidupan orang yang diobservasi. 

  • Observasi sistematik 

Observasi bila pengamat menggunakan pedoman sebagai instrumen pengamatan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com