Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Sel Gonosom dan Autosom

Kompas.com - 24/03/2022, 15:34 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Manusia memiliki 23 pasang kromosom yang dibagi menjadi gonosom dan autosom. Meskipun sama-sama kromosom, sel gonosom dan autosom berbeda satu sama lain. Apa perbedaan autosom dan gonosom?

Jumlah

Perbedaan sel gonosom dan autosom yang pertama ada pada jumlahnya. Gonosom dalam tubuh manusia hanya terdapat satu pasang atau dua kromosom. Yang satu adalah kromosom X dan yang satunya lagi adalah kromosom Y.

Seorang perempuan hanya memiliki gonosom XX tanpa adanya gonosom Y. Sedangkan, seorang laki-laki memiliki gonosom XY.

Sedangkan autosom dalam tubuh manusia terdapat 22 pasang atau 46 kromosom. Yang masing-masing pasangam dinamakan sebagai kromosom 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 9, hingga kromosom 22.

Tidak seperti gonosom, jumlah autosom sama baik pada perempuan maupun laki-laki.

Baca juga: Jumlah Kromosom Manusia dan Fungsinya

Fungsi

Perbedaan gonosom dan autosom selanjutnya adalah fungsinya bagi tubuh manusia. Dilansir dari Bio Differences, gonosom atau kromosom seks berfungsi untuk menentukan jenis kelamin dan sifat-sifat terkait seks.

Seseorang dengan gonosom XY akan terlahir sebagai laki-laki. Sedangkan, jika memiliki gonosom XX maka akan terlahir sebagai perempuan.

Adapun dilansir dari Encyclopedia Britannica, autosom berfungsi mengatur pewarisan semua karakteristik organisme kecuali yang terpaut seks.

Artinya, semua karakter tubuh dari rambut hingga kaki diatur oleh autosom, kecuali jenis kelamin dan karakter seks lainnya.

Baca juga: Struktur dan Fungsi Kromosom: Sentromer, Lokus Gen Sampai Telomer

Jumlah gen

Gonosom dan autosom, keduanya adalah kromosom yang membawa kumpulan gen di dalamnya. Perbedaan sel gonosom dan autosom adalah jumlah gen yang dibawanya.

Karena perbedaan jumlah dan fungsinya, autosom membawa lebih banyak gen daripada gonosom.

Dilansir dari National Human Genome Research Institute, kromosom 1 memiliki hampir 3.000 gen dan kromosom 22 memiliki sektar 750 gen.

Sedangkan gonosom hanya terdiri dari dua kromosom. Kromosom X memiliki ukuran yang lebih besar dan gen yang lebih banyak dari kromosom Y.

Diperkirakan, bahwa kromosom X membawa sekitar 1.500 gen. Sedangkan, kromosom Y hanya membawa sekitar 78 gen.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com