Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Khas Virus yang Tidak Terdapat pada Organisme Lain

Kompas.com - 09/03/2022, 12:50 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comVirus adalah makhluk hidup yang unik dan sangat berbeda dengan manusia, hewan, maupun mikroorganisme lain. Apa ciri khas virus yang tidak terdapat pada organisme lain?

Ciri khas virus yang tidak terdapat pada organisme lain adalah sebagai berikut!

Tidak memiliki sel

Dilansir dari Khan Academy, virus tidak memiliki sel dan hanya terdiri dari partikel tunggal yang disebut dengan virion. Sehingga, virus tidak seperti organisme lain yang memiliki satu sel atau bahkan banyak sel.

Virus tidak memiliki organel sel, sitoplasma, membran sel, maupun inti sel sebagaimana yang dimiliki oleh makhluk hidup lain. Karena tidak memiliki sel, virus disebut sebagai aseluler.

Baca juga: Struktur Virus

Hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup

ciri khas virus yang tidak terdapat pada organisme lain? Ciri khas virus yang tidak terdapat pada organisme lain adalah hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup.

Virus tidak memiliki organel ataupun alat untuk menyalin materi genetiknya sendiri (DNA atau RNA). Sehingga, virus bergantun pada inangnya untuk dapat memperbanyak diri.

Hal ini sangat berbeda dengan organisme lainnya. Karena bakteri sekalipun dapat hidup bebas dan berkembang biak secara individual.

Tidak menggunakan energi di luar sel inang

Dilansir dari Ask a Biologist, virus tidak menggunakan energi apa pun di luar sel inangnya dan baru aktif ketika bersentuhan dengan sel inang. Virus bagaikan benda mati sebelum bertemu inangnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Virus DNA: Untai Tunggal dan Ganda

Hal ini juga membedakan virus dari organisme lain. Makhluk hidup selalu menggunakan energi dari awal kehidupannya hingga akhir kehidupannya.

Sedangkan, virus bisa dalam kondisi tidak aktif dan tidak melakukan metabolisme sebelum bertemu inangnya.

Ukuran yang sangat kecil

Ciri khas virus yang tidak terdapat pada organisme lainnya adalah ukurannya yang sangat kecil. Dilansir dari Microbiology Society, virus adalah yang terkecil dari semua mikrob.

Diperkirakan diamter virus berkisar 20 nanometer hingga 500 nanometer, bahkan lebih kecil dari bakteri.

Baca juga: Perbedaan Virus RNA dan Virus RNA Transkripsi Balik

Tidak tumbuh dan berkembang

Dilansir dari Biology LibreTexts, virus tidak tumbuh dan berkembang karena tidak memiliki alat metabolisme sendiri.

Virus tidak bisa bermetabolisme, membuat mereka tidak bertambah besar atau mengalami perkembangan apa pun dalam kehidupannya. Sedangkan, semua organisme lain mengalami pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com