Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Cara Menghemat Energi Listrik

Kompas.com - 21/10/2021, 11:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Listrik merupakan energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Banyak kegiatan manusia yang bergantung pada penggunaan listrik.

Sehingga kita harus menghemat listrik dalam kehidupan sehari-hari. Ayo, kita belajar bagaimana caranya menghemat energi listrik! Di bawah ini ada beberapa kegiatan yang bisa kamu pelajari untuk menghemat energi listrik: 

Mencabut stop kontak saat tidak digunakan

Seringkali kita tidak mencabut stop kontak ketika sedang tidak menggunakan alat elektronik karena berpikir jika alat mati, maka tidak akan menggunakan listrik. Hal tersebut adalah kesalahan, karena alat elektronik yang mati namun tetap tersambung menyerap listrik.

Dilansir dari How Stuff Works, alat elektronik yang mati namun tersambung menyumbang 10 persen dari penggunaan energi rumah tangga. Sehingga dengan mencabut stop kontak saat tidak digunakan dapat menghemat listrik hingga 10 persen di rumah.

Menggunakan peralatan hemat energi

Menggunakan peralatan elektronik yang hemat energi merupakan salah satu cara menghemat listrik. Misalnya mengganti lampu pijar dengan lampu LED.

Mengutip dari Conserve Energy Future, penggantian lampu pijar menjadi lampu LED dapat menghemat 50 persen energi yang dibutuhkan untuk penerangan.

Baca juga: Alasan Harus Menerapkan Sikap Hidup Hemat Listrik

Mengurangi penggunaan peralatan elektronik

Kamu dapat mengurangi penggunaan peralatan elektronik untuk menghemat energi listrik. Menjemur baju di bawah sinar matahari daripada mengeringkannya di mesin pengering, mematikan televisi saat tidak digunakan, mematikan laptop saat tidak digunakan, tidak terlalu lama menonton televisi, juga menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan adalah cara mengurangi penggunaan alat elektronik.

Kamu juga dapat mengurangi penggunaan ponsel pintar, mengingat ponsel pintar juga membutuhkan daya listrik.

Menyadur dari Statista, pada tahun 2021 rata-rata manusia menghabiskan lima hingga empat jam menggunakan ponsel (tidak termasuk penggunaan untuk bekerja). Sehingga kamu bisa mulai lebih sedikit bermain ponsel pintar untuk menghemat energi listrik.

Menggunakan energi terbarukan

Kamu bisa menggunakan energi terbarukan sebagai salah satu cara menghemat listrik. Misalnya dengan menggunakan panel surya untuk membangkitkan listrik dari panas matahari dan juga menggunakan kincir angin untuk membangkitkan listrik dari energi angin.

Baca juga: Contoh pemakaian Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com