Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Memiliki Teman yang Berasal dari Daerah yang Sama

Kompas.com - 27/09/2021, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pertemanan merupakan bentuk sosialisasi manusia. Dalam suatu lingkungan pertemanan, terkadang ada teman yang berasal dari daerah yang sama. Apa manfaat dari memiliki teman yang berasal dari daerah yang sama?

  • Lebih mudah menyesuaikan diri

Dilansir dari BBC, seseorang cenderung akan menyesuaikan diri dengan kelompok teman sebayanya berada. Namun, jika teman tersebut beraal dari daerah yang sama, penyesuaian diri yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Orang dari daerah yang sama cenderung memiliki latar belakang yang sama. Misalnya kebiasaan suatu daerah, bahasa, budaya, dan juga norma yang sama.

Sehingga teman dari daerah yang sama akan lebih mudah menerima dibanding dengan teman dari daerah yang lain.

Baca juga: Contoh-Contoh Kewajiban Kamu di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

  • Dapat berbicara dengan bahasa yang sama

Komunikasi adalah hal mendasar dalam komunikasi. Manusia berkomunikasi melalui bahasa. Teman dari daerah yang sama memiliki bahasa yang sama pula, sehingga dapat berbicara dengan bahasa daerah yang sama dan mempermudah berjalannya komunikasi.

  • Lebih mudah berteman

Dikutip dari Scientific American, dalam kelompok yang beragam seseorang cenderung memilih teman yang paling mirip dengan diri mereka sendiri. Manusia cenderung berteman dengan seseorang yang memiliki kemiripan dengan dirinya, salah satunya adalah daerah.

Orang-orang dari daerah yang sama cenderung lebih mudah berteman dibanding dengan orang dari daerah berbeda. Hal tersebut dikarenakan orang dari daerah yang sama memiliki banyak kemirpan sehingga lebih mudah untuk saling mengerti dan menerima.

Orang-orang dari daerah yang sama cenderung berteman karena perasaan senasib, terutama jika berada di perantauan.

  • Lebih sedikit pertentangan

J. Thibaut dan H. H. Kelley dalam buku The Social Psychology of Groups (1959) menyebutkan bahwa berinteraksi dengan orang lain yang serupa lebih bisa diprediksi dibanding dengan berinteraksi dengan orang lain yang berbeda.

Kesamaan dengan teman satu daerah, membuat seseorang lebih bisa memprediksi interaksi apa yang membuat teman tersebut senang, sedih, marah, ataupun tidak nyaman.

Hal tersebut mengurangi adanya pertentangan karena perbedaan budaya maupun kebiasaan satu daerah dengan daerah lainnya.

Baca juga: Manfaat dari Memiliki Teman dengan Keterampilan yang Sama

  • Lebih mudah bertemu

Teman dari daerah yang sama tentu saja lebih mudah ditemui daripada teman dengan daerah yang berbeda. Sehingga teman tersebut lebih mudah ditemui ketika dalam kondisi senang, sulit, maupun kesepian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com