Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fauna Mayoritas yang Terdapat di Inggris

Kompas.com - 24/09/2021, 13:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Negara Inggris memiliki banyak spesies makhluk hidup yang menjadikannya sebagai tempat tinggl.

Dilansir dari Natural History Museum, Inggris dihuni oleh lebih dari 70.000 spesies hewan, tumbuhan, jamur, dan organisme bersel tunggal. Namun, fauna mayoritas yang terdapat di negara inggris adalah rusa merah.

Berikut tiga fauna mayoritas yang ada di Inggris, yaitu: 

Rusa Maerahwikipedia.org/Lviatour Rusa Maerah
Rusa merah

Rusa merah dengan nama latin Cervus elaphus adalah hewan asli Inggris sekaligus mamalia terbesar di Inggirs.

Betina rusa merah dapat tumbuh sepanjang 1,37 meter dengan berat mencapai 100 kilogram. Sedangkan jantannya dapat tumbuh sepanjang 2,01 meter dengan berat mencapai 225 kilogram.

Baca juga: Karakteristik Unik Flora di Zona Peralihan

Dilansir dari The British Deer Society, rusa merah tersebar di hutan-hutan Inggris dan Skotlandia seperti di dataran tinggi Skotland, Dumfriesshire, Lake District, East Anglia, North Midlans, New Forest, Sussex, dan daerah barat daya Inggris.

Dalam laporan berjudul UK Mammals: Species Status and Population Trends First Report by the Tracking Mammals Partnership (2005), menyebutkan ada sekitar 8.000 ekor rusa merah di Inggris.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa populasi rusa merah di Inggris terus-menerus bertambah secara perlahan.

Burung gelatik

Dikutip dari The British Trust for Ornithology, gelatik adalah burung paling banyak di Inggris dengan jumlah lebih dari 11 juta pasangan.

Gelatik dengan nama latin Troglodyter troglodytes adalah burung dengan bentuk badan yang hampir bulat dengan panjang sekitar sepuluh sentimeter.

Saking banyaknya, gelatik disebut sebagai burung paling umum di Inggris. Walaupun bulat, tubuh gekatik menyimpan sangat sedikit lemak. Hal tersebut membuatnya mudah kehilangan panas, sehingga gelatik lebih suka bergerak dalam kelompok untuk menghangatkan tubuhnya.

Baca juga: Mengapa Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan Flora dan Fauna?

Keinci Eropawikimedia.org/ JJ Harrison Keinci Eropa
Kelinci liar Eropa

Kelinci liar eropa dengan nama latin Oryctolagus cuniculus merupakan salah satu hewan mayoritas di Inggris.

Menurut laporan UK Mammals: Species Status and Population Trends First Report by the Tracking Mammals Partnership (2005), ada sekitar 24 juta ekor kelinci liar Eropa yang berhabitat di Inggris.

Kelinci liar Eropa berhabitat di bukit pasir dan padang rumput daerah di Inggris. Mereka adalah hewan penting dalam rantai makanan yang berperan sebagai konsumen tingkat satu dan juga mangsa untuk berbagai predator.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com