Kompas.com - 23/09/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi teknik membuat montase KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi teknik membuat montase

KOMPAS.com - Montase adalah karya seni rupa yang terbuat dari susunan potongan gambar. Istilah montase diambil dari bahasa Inggris, yakni montage yang berarti menempel.

Dalam bidang seni rupa, montase tidak begitu populer. Karena bentuk karyanya kurang lebih hampir sama dengan seni lukis, seni patung, serta seni kriya. Sehingga banyak orang mengira bahwa montase merupakan bagian dari ketiga seni rupa tersebut.

Teknik membuat montase

Mengutip dari buku Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar (2020) karya Arina Restian, montase bisa dibuat dari berbagai bahan, termasuk bahan bekas, seperti koran, majalah, buku yang tidak terpakai, poster, dan lainnya.

Bentuk karya montase beraneka ragam, tergantung imajinasi serta kreativitas pembuatnya. Sebagai contoh susunan kertas disusun bentuk gambar binatang, gambar bangunan, dan sebagainya.

Menurut Nurul Aini, dkk, dalam buku Montase dan Pembelajaran (Montase sebagai Pembangun Daya Fikir dan Kreativitas Anak Usia Dini) (2018), teknik membuat montase tidak jauh berbeda dengan kolase dan mozaik.

Baca juga: Karya Seni Montase dan Tekniknya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana teknik membuat montase?

Teknik membuat montase sebagai berikut:

  • Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Teknik pertama dalam membuat montase adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat montase:

  1. Bahan sisa
    Bisa diambil dari kertas bekas, buku yang sudah tidak terpakai, kardus, koran, dan lainnya.
  2. Tutup botol dan karet
  3. Lem untuk merekatkan gambar
  4. Gunting untuk memotong gambar
  5. Lembaran kertas atau papan triplek sebagai alas gambar
  • Gunting gambar dari kertas bekas

Teknik membuat montase yang selanjutnya adalah menggunting gambar dari kertas bekas. Usahakan untuk menggunting rapi sesuai pola gambar.

  • Tempelkan potongan gambar pada letak yang diinginkan menggunakan lem

Sebelum direkatkan dengan lem, pastikan posisi gambar sudah sesuai.

  • Kombinasikan atau campurkan berbagai gambar

Teknik terakhir dalam membuat montase adalah mencampurkan atau mengombinasikan berbagai potongan gambar sampai membentuk pola gambar yang diinginkan. Sesuaikan potongan gambar dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing.

Baca juga: Perbedaan Karya Seni Kolase, Montase dan Mozaik

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat montase

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat montase. Tujuannya supaya hasil karya seni montase terlihat rapi dan indah.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat montase?

  • Perhatikan saat mencari gambar

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membuat montase adalah menentukan tema dan mencari gambar yang sesuai. Contohnya ingin membuat gambar bertemakan kebun binatang, maka gambar yang dicari haruslah sesuai denga warna binatang.

  • Perhatikan saat memotong gambar

Usahakan memotong gambar dengan rapi sampai membentuk pola yang diinginkan. Karena hasil potongan gambar akan mempengaruhi hasil montase secara keseluruhan.

  • Perhatikan saat menempel gambar

Menempel gambar menjadi hal lain yang harus diperhatikan saat membuat montase. Usahakan untuk teliti saat menempel gambar sesuai bentuk. Bila ada kesalahan sedikit, hal ini akan mempengaruhi hasil seni montase.

Baca juga: Contoh Seni Rupa Terapan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.