Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Gerund dan Contohnya

Kompas.com - 14/12/2020, 18:51 WIB
Risky Guswindari ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Apakah kalian pernah mendengar istilah gerund? Gerund sering digunakan dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Simak pembahasannya berikut ini:

Apa itu gerund?

Ketika belajar bahasa Inggris, kita mungkin merasa bingung ketika mendapati ada lebih dari satu kata kerja di dalam sebuah kalimat.

Terkadang kita akan menjumpai kalimat yang di dalamnya terdapat kata kerja atau verb + ing, namun fungsinya bukan sebagai predikat seperti biasanya.

Melansir Grammarly, a gerund is a noun made from a verb root plus ing (a present participle). Gerund adalah kata benda yang dibuat dari kata kerja dasar ditambah dengan ing.

Posisi gerund dalam kalimat bisa berbeda. Menurut Cambridge Dictionary, gerund bisa menjadi subyek maupun obyek dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Perhatikan kalimat berikut:

  • Reading is my favorite activity. / Membaca adalah kegiatan favoritku.
  • My sister likes dancing. / Adikku suka menari.

Dalam dua kalimat di atas, reading dan dancing merupakan gerund. Pada kalimat pertama, reading (read+ing) merupakan noun atau kata benda yang menjadi subyek dalam kalimat.

Sedangkan dancing (dance+ing) dalam kalimat kedua merupakan obyek. Keduanya berasal dari kata kerja yang diberi imbuhan –ing dan perannya dalam kalimat adalah menjadi kata benda.

Baca juga: Apa Itu Relating Verb?

Berikut contoh kalimat yang lain:

  • I and my brother are used to playing basketball together in the back yard. / Aku dan kakakku biasa bermain basket bersama di halaman belakang.
  • Ema seems to give up. Cooking is not her passion. / Ema sepertinya menyerah. Memasak bukanlah kesukaannya.
  • Playing and laughing with my friends is the best thing I got today. / Bermain dan tertawa bersama teman-temanku adalah hal terbaik yang aku dapatkan hari ini.
  • My brother was not angry when I dropped his phone. He stared at me for a moment and continued watching his favorite movies. / Kakakku tidak marah ketika aku menjatuhkan teleponnya. Dia menatapku sebentar dan melanjutkan menonton film favoritnya.
  • Next week is exam day and my sister starts summarizing her school notes. / Minggu depan adalah hari ujian dan adikku mulai meringkas catatan sekolahnya.
  • We talked a lot about living as an only child. / Kami banyak berbicara tentang hidup sebagai anak tunggal.
  • Anne enjoys baking with her mother. / Anne suka membuat kue dengan ibunya.
  • Moving to Bali is one of the best decision I’ve ever made. / Pindah ke Bali adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah aku buat.

Baca juga: Apa Itu Action Verb?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com