Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi dan Peran Tari di Masyarakat

Kompas.com - 13/10/2020, 16:15 WIB
Fidelis Dhayu Nareswari,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu bentuk cinta kebudayaan adalah mengetahui apa itu fungsi dan peran seni tari dalam kehidupan.

Fungsi dan peran seni tari merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Seni tari dalam masyarakat Indonesia begitu lekat, hal ini ditunjukkan dari adanya pertunjukkan tari di setiap acara.

Dikutip dari Sedyawati dalam buku Pengetahuan Elementer Tari (1986), bahwa tari adalah salah satu bentuk pernyataan budaya. Oleh karena itu sifat, gaya, dan fungsi tari selalu tak dapat dilepaskan dari kebudayaan yang menghasilkannya.

Baca juga: Tari Nusantara: Pengertian dan Sejarahnya

Fungsi tari

Dalam buku Telaah Teoretis Seni Tari (1994) karya Jazuli, berikut beberapa fungsi tari:

Di sini fungsi tari dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  1. Fungsi dalam upacara keagamaan menggunakan tari-tarian dalam prosesi keagamaan. Tarian seperti ini dijumpai pada adat di pulau Bali. Biasanya tarian dalam upacara keagamaan masyarakat Bali masih dipertunjukkan di Pura dan sebagai bentuk tarian sesaji.
  2. Fungsi dalam upacara adat yang kaitannya dengan kepentingan adat masyarakat di suatu lingkungan.
  3. Fungsi dalam penyelenggaraan upacara adat yang kaitannya dengan peristiwa kehidupan manusia seperti kelahiran, perkawinan, penobatan, dan kematian.

Baca juga: Fungsi Tari di Masyarakat

  • Tari sebagai hiburan

Hiburan lebih menitikberatkan pada pemberian kepuasan perasaan tanpa mempunyai tujuan yang lebih dalam seperti memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari apa yang dilihatnya.

Oleh karena itu, tari hiburan dapat dikategorikan sebagai tari yang bobot nilainya ringan.

Bagi penari mungkin hanya sekedar untuk menyalurkan hati atau kesenangan seni, misalnya untuk perayaan suatu pesta atau perayaan hari besar atau ulang tahun.

  • Seni tari yang dapat disaksikan di obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, Bali.KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Seni tari yang dapat disaksikan di obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, Bali.
    Tari sebagai pertunjukkan dan tontonan

Tari sebagai pertunjukan ditujukan untuk memperlihatkan sesuatu yang dinilai memiliki nilai seni, untuk menarik perhatian, memberikan kepuasan dan memperoleh kesan.

Hal tersebut akan menimbulkan adanya perubahan dan wawasan baru kepada siapa pun yang melihatnya.

Baca juga: Properti Tari: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Tari sebagai salah satu bentuk pendidikan seni mengandung sikap estetis (keindahan) yang berguna untuk membentuk manusia sebagai pribadi yang memperhatikan lingkungan sosial, budaya dan hubungan dengan Tuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com