Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal dan Jawaban Belajar TVRI 9 September 2020 SMA

Kompas.com - 09/09/2020, 09:00 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 9 September 2020 membahas materi Mengidentifikasi Isi dan Jenis-jenis Buku NonFiksi untuk SMA/SMK.

Ada beberapa pembahasan pada materi tersebut. Berikut adalah pembahasan pertanyaan pertama.

Soal 1: Lakukan identifikasi terhadap buku yang kamu miliki. Jelaskan apa kegunaan kegiatan mengidentifikasi isi buku?

Baca juga: Soal dan Jawaban Belajar TVRI 9 September 2020 SD Kelas 4-6

Jawaban: Mengidentifikasi isi buku artinya mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam buku. Sehingga mengidentikasi isi buku sangat penting dan diperlukan.

Karena dengan mengidenfikasi isi buku mampu menemukan informasi-informasi yang terdapat dalam buku yang kamu baca. Maka pengetahuan, wawasan, atau ketrampilan kamu akan bertambah.

Soal 2: Menurut pendapat kalian, apa perbedaan buku fiksi dengan buku nonfiksi? Mengapa buku fiksi boleh menggunakan imajinasi dalam pembuatannya, sedangkan buku non fiksi tidak boleh?

Jawaban: Buku nonfiksi merupakan buku yang berisi suatu hal yang benar adanya, baik itu menurut kejadian nyata, kajian atau penelitian, maupun opini. Isinya buku nonfiksi dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis.

Baca juga: Soal dan Jawaban Belajar TVRI 9 September 2020 SD Kelas 1-3 

Sementara itu buku fiksi merupakan buku yang ditulis berdasarkan imajinasi penulis. Buku nonfiksi contohnya adalah biografi, sedangkan contoh buku fiksi adalah cerpen atau novel.

Buku nonfiksi harus dipertanggungjawabkan oleh penulis karena berdasarkan kejadian nyata, kajian atau penelitian, maupun opini bukan berdasarkan imajinasi penulis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com