Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Materi Belajar dari Rumah TVRI 11 Agustus 2020 SD Kelas 4-6

Kompas.com - 11/08/2020, 07:35 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI 11 Agustus 2020 SD Kelas 4-6 membahas tentang Mengenal Energi dan Manfaatnya. Berikut ini ringkasan materi Belajar dari Rumah TVRI 11 Agustus 2020 SD Kelas 4-6:

Mengenal energi dan manfaatnya

Angin dan ombak adalah sumber energi yang tak akan pernah habis atau disebut juga dengan energi terbarukan.

Sumber-sumber energi lain bisa habis. Karena ada sumber-sumber yang cadangannya terbatas dan membutuhkan waktu lama untuk menciptakan sumber-sumber bahan bakar itu.

Seperti minyak bumi, batu bara dan gas bumi yang terbentuk dari fosil. Makanya kita hanya bisa menemukannya beribu-ribu meter di bawah permukaan tanah.

Untuk menggali sumber energi tersebut, kita tidak bisa sembarangan menggali tanah. Perlu riset dan kerja keras untuk mencarinya.

Makanya, kalau bisa kita mematikan mesin. Tujuannya agar lebih hemat bahan bakar. Hemat bahan bakar sama dengan hemat cadangan energi.

Seperti manusia, sumber energi juga bisa habis. Kalau pun masih banyak bukan berarti bisa dipakai seenaknya. Pemakaian yang boros juga bisa membuat cadangan energi cepat habis.

Kita harus membiasakan menyimpan banyak energi. Makanya jangan boros. Supaya bisa digunakan lebih lama. Dan dimanfaatkan untuk masyarakat yang lebih banyak.

Energi bisa ditabung dan disimpan sampai nanti. Asal terus bisa disiplin berhemat energi dari sekarang. Jadi, berhemat biar cadangan energi tidak cepat habis.

Listrik itu bentuk energi. Untuk menghasilkan listrik diperlukan banyak energi. Listrik itu sebenarnya tenaga gerak yang diubah menjadi arus listrik. Jadi, tenaga gerak yang menghasilkan listrik.

Caranya, tenaga mekanik dimanfaatkan untuk memutar turbin. Di dalamnya sebuah magnet besar diputar dalam gulungan-gulungan kabel.

Gerakan ini yang akan menghasilkan arus listrik sehingga menghasilkan listrik untuk kita semua. Di kota, 80 persen listrik dibuat menggunakan batu bara, minyak bumi dan gas bumi.

Untuk menghasilkan listrik juga bisa bersumber dari matahari, angin, dan air atau sumber energi yang tidak pernah habis atau energi yang terbarukan.

Sumber energi lain bisa diperoleh dari sapi. Sapi itu sangat berguna. Karena selain susunya enak dan sehat. Kotoran sapi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar kompor.

Jadi kotoran sapi di dalam penampungan difermentasi sehingga menghasilkan gas yang namanya biogas. Kemudian gas itu disalurkan lewat pipa langsung ke dalam rumah. Bisa dipakai sebagai gas untuk kompor dan penghangat air mandi.

Sumber energi juga bisa diperoleh dari panas Bumi tepatnya dari gunung berapi.

Sumber energi yang lain berasal dari kincir air menggerakkan turbin. Turbin mengubah tenaga air menjadi tenaga listrik.

Tips hemat energi:

Berikut ini beberapa tips hemat energi dalam tayangan Belajar dari Rumah TVRI 11 Agustus 2020 SD Kelas 4-6:

  • Bohlam CFL lebih irit listrik;
  • Alat elektronik yang tidak dipakai sebaiknya dicabut dari colokannya;
  • AC jika dipasang 25 derajat Celcius, konsumsi listriknya paling efisien. Jangan lupa pasang timer;
  • Matikan internet untuk hemat baterai HP;
  • Cabut kabel TV.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com